Gerakan Belanja ke Warung Tetangga Akan Didukung Aplikasi Android

Ini salah satu program Komunitas Koperasi Syariah 212, Bandung.

Ketua Komunitas Koperasi Syariah 212 Bandung Irawan Febianto menyampaikan, program-program Komunitas Koperasi Syariah 212 Bandung yang dilakukan selama ini. Yaitu bazaar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setiap Jumat, pelatihan manajemen bisnis untuk UMKM, mahasiswa dan masyarakat umum.

“Warung Muslim Mart (Warung MM) sudah berjalan, dan hari ini kami launching Klub Belanja Ke Warung Tetangga (KBKT) melalui www.muslimmart.co.id,” ujar Irawan pada seminar bertajuk “Gema Syariat Berdayakan Umat, Optimalisasi Ekonomi Syariah Melalui Koperasi Syariah 212”, di Gedung IPHI Masjid Raya Antapani, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (8/4).

Iriawan menjelaskan, launching KBKT ini terlaksana berkat kerjasama dengan berbagai pihak di masyarakat baik RT, RW, Lurah, Camat DKM, majelis taklim, koperasi, dan lain-lain.  “KBKT ini nantinya akan didukung dengan aplikasi ponsel Android,” ujar Iriawan.

Cara kerja sistem aplikasi Android ini menurut Iriawan sama dengan ojek online. Aplikasi akan mendeteksi warung-warung terdekat yang memiliki sembako yang dibutuhkan, nantinya akan diantar oleh pemilik warung kepada pembeli.

“Karena itu perlunya sinergitas setiap warung dan dari masyarakat sendiri untuk menghidupkan sistem ini,” tegas Iriawan.

Iriawan mengatakan, warung-warung buka pada pukul 08.00 WIB, namun pembeli sudah antri dari pukul 07.00 WIB, dan sekitar pukul 10.00 WIB barang-barang yang ada sudah habis terjual. “Kami yakin bisa bersaing dengan toko mart yang sebelah,” ujar Iriawan.

Pada kesempatan ini, juga ditandatangan MoU Komunitas Koperasi Syariah 212 Bandung dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bandung dalam hal pembinaan UMKM.

Penandatangan kerjasama itu dibubuhkan oleh Iriawan dan Iwan Gunawan selaku Wakil Ketua Kadin Jabar Bidang Kemitraan dan Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM).

Selain itu, juga pengukuhan UMKM anggota Komunitas Koperasi Syariah 212 oleh Rahmat Hidayat sebagai Wakil Ketua Komunitas Koperasi Syariah 212 Bandung yang secara simbolis memberikan sertifkat kepada Popon Rohimah sebagai perwakilan UMKM yang selama ini bermitra dengan Komunitas Koperasi Syariah 212 Bandung.

Terkait