212 Mart ini Magnet Umat Muslim

Ghirah ekonomi umat Muslim Tambun Selatan (Tamsel) sangat tinggi dalam gerakan kebangkitan ekonomi umat, hingga 212 Mart Kopamas Taman Puri Cendana sukses didirikan.

Koperasi Amanah Mandiri Syariah (Kopamas) sukses meresmikan gerai 212 Mart di Perumahaan Taman Puri Cendana (TPC), Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, pada Ahad, 17 Desember 2017 lalu.  Gerai  ini pun diberi nama 212 Mart Kopamas TPC.

”Alhamdulillah gerai 212 Mart Kopamas TPC diresmikan, ini wujud ghirah umat Muslim Tambun Selatan dalam membangkitkan ekonomi umat,” kata Ketua Komunitas Koperasi Syariah 212 Kabupaten Bekasi I, Rushertanto Suroso kepada Koperasi Syariah, dihubungi, Rabu (3/1).

Rush demikian sapaan Beliau, menyampaikan lebih lanjut, bahwa ghirah ekonomi umat Muslim Tambun Selatan sangat tinggi dalam mendukung gerakan kebangkitan ekonomi umat. Terbukti, saat GO 212 Mart saja tercatat hampir 300 anggota. Pada investasi kisaran Rp 5 juta sampai Rp 10 juta peranggota.

”Alhamdulillah dari kebutuhan investasi sebesar Rp 710 juta tercapai sehingga gerai 212 Mart Kopamas TPC bisa diwujudkan. Payung hukum gerai ini adalah Kopamas, di mana berprinsip gerai ini milik umat, dari umat, oleh umat, dan untuk umat,” kata Rush.

Adapun tipe gerai 212 Mart Kopamas TPC ini adalah tipe C. Di mana saat GO, kata Rush, gerai ini sukses membubuhkan omzet di angka hampir Rp 70 juta. Sedangkan omzet stabil harian hingga saat ini tercatatkan Rp 9 juta perhari. Padahal Hydro menargetkan untuk gerai tipe C itu, omzet perhari di angka Rp 7 juta.

Rush mengatakan, gerai ini juga memfasilitasi produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) dari anggota atau jamaah. Bahkan menurutnya, setiap hari selalu saja ada produk UKM baru yang dipasarkan. Namun demikian, kata dia, dilakukan terlebih dahulu quality control untuk menjaga kualitas produk yang memberikan jaminan higienies dan halal bagi umat atau konsumen.

Dalam upaya meningkatkan produk-produk UKM, pihaknya juga mengimbau agar pengusaha Muslim lebih melebarkan sayapnya dengan inovasi produk. Misalnya, kata Rush, bisa memproduksi minuman sendiri sehingga tidak lagi mengonsumsi produksi asing. Apalagi ada solidaritas Palestina untuk memboikot produk-produk negara yang menindas Palestina.  ”Namun prihatinnya, kita (umat Muslim) masih belum bikin bahan minuman sendiri. Jadi ke depan, kami akan arahkan ke produksi tidak hanya konsumsi saja. InshaAllah kami nanti akan mendatangkan ahlinya untuk membuat bahan minuman,” ungkap Rush.

Rush juga menyampaikan, gerai 212 Mart berkembang cukup banyak di wilayah Bekasi. Untuk Kecamatan Tambun Selatan saja, saat ini sudah terbentuk sebanyak enam komunitas atau koperasi syariah. Sehingga dengan begitu khusus wilayah Tambun Selatan, akan ada sekitar enam gerai 212 Mart yang berdiri menyusul 212 Mart Kopamas TPC.

Sedangkan untuk wilayah Bekasi keseluruhan, lanjut dia, saat ini sudah ada sekitar 22 komunitas KS 212. ”212 Mart di Bekasi sudah ada 16 gerai. Ini paling banyak, kedua disusul Bogor, kemudian Depok, dan Tangerang.  ”InshaAllah gerai kedua 212 Mart akan didirikan di Mekarsari, dalam waktu dekat ini,” ucapnya.

Rush menegaskan, bahwa jihad tidak hanya dalam bentuk ibadah saja, tetapi juga dalam bidang ekonomi. Dirinya optimis KS 212 maupun 212 Mart akan terus tumbuh dan berkembang di Indonesia, sebagai gerakan untuk kebangkitan ekonomi Islam.

”212 Mart ini magnet kebangkitan ekonomi umat. Itu di balik sekarang bukan komunitas dulu baru mart, tapi mart dulu baru komunitas. 212 Mart ini magnet umat Muslim,” tukas Rush bersemangat.

Lebih lanjut disampaikan dia, Rasulullah SAW melakukan tiga hal saat pertama hirah dari Makkah ke Kota Madinah, pertama adalah mendirikan masjid, kemudian mempersatukan kaum Muhajirin dan Anshar, serta membuat pasar.

“Saat itu, pasar dikuasi oleh kaum Yahudi, karena itu Rasulullah membuat pasar sebagai basis ekonomi umat Muslim,” ungkapnya.

Untuk membangkitkan komitmen anggota agar senatiasa belanja di gerai miliknya sendiri, Rush dan pengurus lainnya tak telah untuk terus mensosialisasikan pentingnya belanja rutin bulanan di gerai sendiri.

“212 Mart Kopamas TPC ini milik umat, jika bukan kita yang belanja siapa lagi, jika tidak sekarang kapan lagi. Keuntungan dan keberkahan dunia akherat akan kita dapat. InshaAllah,” tegasnya.

Shortlink:

Terkait