Walikota Tangsel Resmikan 212 Mart Palapa Tangsel

Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany berpesan agar 212 Mart ini pekerja secara profesional dengan merangkul pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany meresmikan gerai 212 Mart Palapa-Tangsel dengan ditandai pengutingan pita, pada Ahad, 14 Desember 2018.

”Bismilillahirrahmanirrahim dengan ini saya resmikan gerai  212 Mart Palapa Tangsel. yakni gerai  keempat di bawah payung hukum Koperasi Umat Madani Bersatu (KUMB),” kata Airin saat mengunting pita didampingi Wakil Ketua KUMB, H. Anwar.

Gerai berbasis Islami keempat  ini terletak di JL. Palapa Raya No.2 RT 002/08 (depan perumahan Villa Dago Tol), Ciputat, Tangsel.

Dalam sambutannya, Airin menegaskan, bahwa target  2021, Tangsel menjadi kota koperasi. Pihaknya juga sudah melakukan eveluasi bahwa targetnya bukan berapa banyaknya koperasi yang berdiri tetapi bagaimana satu koperasi bisa menaungi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di wilayah Kota Tangsel.

“Konsep satu koperasi seribu UKM ini sangat baik, dan mudah-mudahan dengan adanya KUMB bisa menjadi wadah bagi pelaku UKM dan UMKM di Tangsel,” kata Airin.

Dia menyebutkan, bahwa masalah perekonomian untuk UMKM dan UKM adalah salah satunya permasaran. Pihaknya terus mendorong setiap orang yang ingin berinvestasi   di wilayah Tansel untuk pembangunan toko modern, maka harus bisa melibatkan para pelaku UKM dan UKM.

Kehadiran toko modern, menurutnya, memang sudah terjadi pro dan kontra di wilayah Tangsel. Tetapi mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus berubah karena masyarakat sudah semakin pintar, masyarakat sudah tahu bagaimana memilih tempat yang terbaik di tempat seperti apa.

Solusi untuk UMKM
Airin berharap dengan kehadiran dan keberadaan KUMB dan 212 Mart di Tangsel ini bisa menjadi alternatif pilihan bagaimana kita bisa berinteraksi. Tetapi tidak mematikan toko atau warung tradisional. “Saya yakin tentunya masyarakat akan senang karena dengan adanya 212 Mart bisa menjadi tempat untuk memasarkan produk UKM dan UMKM yang ada di wilayah Tangsel,” ungkapnya.

Biasanya, sebut dia, kalau di Tangsel ada komunitas masyarakat pelaku UKM. Mereka-mereka membuat usaha. Misalnya, kita sudah mengajarkan pelatihan untuk kemasan dan sekarang  sudah mulai ada pelatihan untuk kualitasnya. Jadi menurut Airin, kemasaran sudah bagus tidak kalah dengan produk-produk produksi pabrikan yang besar. Tetapi kadang-kadang rasanya masih beda. Misalnya kacang, kata Airin, rasanya sudah gurih tapi di sisi lain pas dibuka kemasan, rasanya beda. Sehingga mutunya harus kita jaga, dan pemerintah Tangsel juga terus mendorong agar produk UMKM dan UKM bisa dipasarkan tidak hanya untuk masyarakat Tangsel, juga ekspor.

”Sekarang sudah banyak permintaan dari buyer untuk ekspor juga ke luar negeri. Jadi tugas kami tentu bisa ditingkatkan. Dan berpesan kepada Pak Teddy dan kawan-kawan tidak hanya untuk memasarkan di 212 Mart Tangsel saja, tapi juga bisa ekspansi dorong pasar ke tempat lain,” kata Airin.

Airin mengaku, pihaknya kewalahan menerima permintaan produk UKM dan UMKM dari buyer, tetapi ternyata belum siap. Oleh karena itu dengan era Masyarakat Ekonomi ASEAN, kata dia, kita tidak terbatas hanya di wilayah di Ciputat saja tetapi bisa beralih dengan kecamatan lain di luar Tangsel.

Dengan hadirnya 212 Mart di Tangsel, Airin juga berpesan agar pengurus bisa menjaga profesionalitas dan bagaimana bisa bersiang dengan yang lain, ada kepercayaan dari masyarakat.  Sehingga masyarakat bisa datang ke gerai 212 Mart ini untuk membeli, dan perputaran uang dalam permodalan lebih maksimal. Sehingga ada keuntungan yang lebih baik untuk para anggota koperasi dan UKM.

Kembali dia berharap 212 Mart Tangsel bisa berkembang terus sebagai alternatif dalam rangka untuk pemasaran produk-produk UKM dan UMKM. ”Saya titip pesan, mana kala gerai ini sudah dibuka lakukan pekerjaan secara profesional, sehingga ada kepercayaan dari masyarakat, mereka akan datang ke gerai ini untuk belanja. 212 Mart juga bisa bersaing. Tantangan besar tapi saya yakin dengan kerja keras bisa sukses. Sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses untuk 212 Mart Tangsel ke empat ini,” pungkas Airin.

Shortlink:

Terkait