Tinggal di Cilegon? Belanjanya di 212Mart Saja!

Gerai ini unik, karena sejak awal memosisikan diri sebagai toko grosir dan eceran. Yang di Cilegon, wajib belanja di sini!

Dari tujuh gerai 212Mart yang akan diresmikan akhir pekan ini, salah satunya adalah Toko Grosir 212Mart Cilegon yang inshaAllah akan diresmikan pada Ahad (17/12).

Ketua Komunitas KS212 Cilegon, DR. Firmanullah Firdaus, SE, M.Kom menginformasikan, Toko Grosir 212Mart Cilegon ini beralamat di Jl. Letjen Suprapto No. 25 D, Kota Cilegon. Letaknya berdampingan dengan Alfamidi, hanya disekat oleh dua ruko.

Proses penghimpunan dana untuk pendirian gerai pertama 212Mart di Cilegon ini, dilakukan sejak bulan Agustus 2017 hingga kini. Meskipun sudah mau Grand Opening (GO) untuk toko yang pertama,  pendaftaran masih terus berlanjut karena Koperasi Syariah Super Damai (KSSD), badan hukum gerai ini akan membuka toko grosir 212Mart yang kedua. Sebelumnya, pihaknya mengakui sudah mendirikan dua gerai Sodaqo Mart di Cilegon. Jadi, cukup berpengalaman mendirikan minimarket Islami.

Dana dihimpun dari investor terkumpul hingga Rp 600 Juta, ini investasi awal menurut Firman. Jumlah ini dihimpun dari 64 orang, sedangkan yang berkomitmen sebanyak 120 orang.  Memang belum semua anggota Komunitas KS212 Cilegon (KSSD) yang berjumlah 542 Orang menjadi investor. Dari jumlah itupun, baru 189 orang yang telah memiliki nomor anggota KS212, sisanya sudah mendaftar hanya belum terkonfirmasi.

“Nilai investasi merentang antara Rp.500 Ribu hingga Rp 25 Juta. Dari rentang tersebut, rerata investor menytor dana sebanyak Rp 5 Juta, mayoritas karyawan”, kata Firman dalam keterangan tertulisnya kepada Koperasi Syariah 212, Sabtu (16/12).

Firman mengisahkan, pihaknya memang aktif menyosialisasikan gerakan ekonomi umat ini ke kaum Muslimin Cilegon belakangan ini. Hal tersebut dilakukan, antara lain dengan sosialisasi di mesjid-mesjid, publikasi di medsos baik di grup anggota maupun non amggota, imbauan atau promosi ke perusahaan/ individu untuk program CSR sedekah, penyebaran brosur atau promo ke masyarakat sekitar toko, dan  mengikuti acara-acara pameran. “Ya, sosialisasi memang dilakukan melalui mesjid-mesjid, majlis ta’lim, ormas-ormas, dan perkantoran”, kata Firman menegaskan.

Tentu saja proses pendirian memberikan tantangan bagi KSSD. Dikisahkan Firman, tantangan itu ada beberapa. Pertama, banyak yang sudah berkomitmen tetapi belum melakukan transfer dana. Kedua, sistem IT pendafataran online via KSSD belum mendukung, sehingga harus manual. Ketiga, banyak anggota yang mentransfer dana tanpa nama ataupun nomor HP atau identitas lainnya.

Nilai Lebih 212Mart Cilegon
Meski demikian, Firman optimistis, meski di Cilegon baru buka, gerai 212Mart komunitasnya memiliki unique selling point. “Kelebihan itu antara lain, pertama penjualan bisa dilakukan secara eceran dan grosir, kedua harga masih di bawah jaringan ritel mainstream, ketiga lokasi strategis, keempat juga menjual produk UMKM, dan kelima akan memasok produk ke warung-warung kecil atau warung tetangga”, kata Firman menegaskan.

Dalam rangka itulah, pihaknya tengah menggenjot kinerja agar bisa bekerjasama dengan warung-warung kecil. “Yang mendesak agar warung-warung kecil milik anggota maupun non anggota bisa di-branding dengan 212 Mart atau Warung212. Hal ini supaya KS212 lebih membumi di kota Cilegon. Syukur alhamdulillah Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemda Kota Cilegon sangat mendukung kiprah dari KSSD ini”, kata Firman menjelaskan.

Melihat potensi itulah, KSSD menargetkan 43 gerai dibuka di Cilegon. “Targetnya 43 gerai Cilegon, ada delapan Kecamatan dan 43 Kelurahan”,  kata Firman menegaskan.

Kepada Umat Muslim Cilegon, Firman berpesan, “Mari saudaraku se-iman, bangkitkan ekonomi ummat dengan mulai dari yang terdekat dan yang mampu kita lakukan”. Insyallah KSSD masih membuka pendaftaran investor baru. Peminat bisa menghubungi Call Centre Koperasi Syariah Super Damai (KSSD) di 087 808 212 112 atau kantor di  0254-374594.

Yang mau belanja, bisa cek brosur promo di bawah ini:

Shortlink:

Terkait