Tidak Hanya dalam Shalat, Berekonomi Juga Harus Berjamaah!
GO 212Mart Sukahati Cibinong, Bogor

Kalau shalat saja berjamaah, masak dalam berekonomi kita tidak? Itulah yang memotivasi Komunitas Koperasi Syariah (KS) 212 Kabupaten Bogor IX mendirikan 212Mart Sukahati.

Gerai 212Mart ke-71 ini terletak di Ruko Bojong Depok Baru II, Blok CM No.11-12, Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Berada di bawah payung hukum Koperasi Berkah Jamaah Sejahtera yang dibentuk oleh komunitas ini, gerai ini diresmikan pada Ahad, 14 Januari lalu.

Peresmian atau grand opening (GO) dilakukan oleh General Manager Ritel Koperasi Syariah 212, Han Anwar.

Ketua Komunitas KS212 Kabupaten Bogor IX, M. Achmad Suja’i, mengucap syukur, pendirian gerai ini merupakan hasil upaya tim secara berjamaah. “Kami memiliki pengurus-pengurus yang solid, apakah itu Sekjen, Bendahra, Seksi-seksi, dan lain-lain,” kata Suja’I kepada Koperasi Syariah 212, Ahad, 14 Januari 2018.

Proses pendirian sendiri mulai dilakukan sejak pekan ketiga di September 2017. Sebenarnya, pihaknya siap untuk GO pada Desember. Namun karena tidak mendapat lampu hijau, dari KS212 Pusat, terkait padatnya jadwal GO di Desember 2017, akhirnya baru bisa pada 14 Januari 2018.

329 Investor
Gerai 212Mart ketiga di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor ini, didirikan oleh 329 investor dengan total dana dikumpulkan Rp 874,950,000. Dari mana saja, par ainvestor tersebut? Sekitar 40 persen dari sekitaran gerai, khususnya dari perumahan Bojong Depok Baru 2 di Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Sisanya dair daerah lain, ada juga dari Pamulang, Tangerang Selatan, bahkan dari Timika, Papua.

Besaran investasi dimulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 20 juta dengan rerata di Rp 1,5 juta. “Kami sangat berharap para investor yang 329 itu bisa berbelanja di 212Mart ini. Bagaimanapun kita sudah membuka, tapi yang paling penting pemeliharaanya, yaitu dengan cara kita berbelanja di sana”, kata Suja’I menjelaskan.

Untuk menarik minat pembeli dan ivestor, Achmad Suja’I dan timnya terus melakukan sosialisasi. “Kami ada program subuh keliling, sosialisasi lewat mesjid-mesjid, majlis taklim, RW dan RT di lingkungan. Kami juga akan mengajak masyarakat untuk bergabung ke koperasi ini (Koperasi Berkah Jamaah Sejahtera) dengan nilai sangat murah, Rp 25 ribu”, kata Suja’I menjelaskan.

Komunitas Kabupaten Bogor IX ini berniat membuka gerai 212Mart lagi dalam waktu dekat. Salah satu yang sudah ada lokasinya, yaitu di Perumahan Puri Nirwana 3, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Cibinong, Kebupaten Bogor.

Untuk warga yang berminat investasi bisa menghubungi M. Achmad Suja’I di nomor 081382429454. Bagi Suja’I ini adalah dakwah, “Mudah-mudahan Allah memberikan izzah kepada kita, semoga umat bersatu dalam ekonomi, bukan saja berjamaah dalam shalat, juga dalam ekonomi”, kata Suja’I menegaskan.

Testimoni Ivestor 212Mart Sukahati
Khairul Azmi (35) adalah warga Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Namun, Khairul menjadi salah satu investor di 212Mart, Sukahati, Cibinong ini. Kepada Koperasi Syariah 212, Khairul Azmi mengatakan kebetulan dia mengetahui tentang 212Mart ini dari berbagai grup WA dan medsos.

Motivasinya menjadi investor adalah karena tergerak untuk membangkitkan ekonomi umat melalui KS212 dan 212Mart khususnya.

Selain, ia menilai bergabung dengan 212Mart akan meningkatkan ekonomi keluarga. “Ekonomi keluarga, ekonomi kita akan ikut terbangkitkan dengan memiliki 212Mart, yang tadinya susah memiliki minimarket dengan adanya KS212, kita bisa menjadi investor dan pemilik”, kata Khairul menegaskan.

Khairul pun mengajak, umat Islam untuk menjadi investor di 212Mart dan berbelanja di sana. Jika tidak menjadi investor tetap diharapkan dapat berbelanja di 212Mart.

Investor lain, Puji Wahyuni (56), warga sekitar gerai 212Mart Sukahati ini, mengaku ingin ikut ambil peran dalam kebangkitan ekonomi umat Islam, meskipun sedikit. “Saya ingin menjadi bagian walaupun kecil. Tentunya ini menjadi kebahagiaan bagi saya dan keluarga saya, untuk berpartisipasi dalam kebangkitan ekonomi Islam melalui 212Mart”, kata Puji menjelaskan.

Selain, selama ini ia kesulitan berbelanja di mnimarket Muslim, karena jauhnya. “Selama ini saya harus ke Depok untuk mencari minimarket Muslim dan itu membuang waktu. Sekarang ada yang lebih dekat, tentunya ini lebih menguntungkan buat saya. Mari kita ramaikan 212Mart di manapun gerainya berada, untuk kebangkitan ekonomi Muslim”, kata Puji menegaskan.

Shortlink:

Terkait