Sukseskan 212 Mart, Jamaah Harus Militan!

Komitmen dan militansi dibuktikan dengan mengalihkan belanja harian ke 212 Mart.  Berani?

Ketua Komunitas Koperasi Syariah 212 Tangerang Selatan (Tangsel), Kusmanto mengatakan, ghirah ekonomi umat di komplek perumahaan Puspitek, Tangerang, Banten sangat tinggi dalam upaya membangkitkan ekonomi umat Muslim Indonesia.

Terbukti, kata dia, sebanyak 290 anggota yang bergabung sebagai investor gerai 212 Mart Puspitek. Adapun dana penyertaan bermetode portofolio atau saham. Kepemilikan saham peranggota minimal Rp 500 ribu dan maksimal Rp 20 juta.

212 Mart Puspitek ini berada di bawah payung hukum Koperasi Umat Madani Bersatu (KUMB) yang anggotanya sudah mencapai 750 orang lebih. Gerai 212 Mart Puspitek ini, adalah yang ketiga didirikan oleh KUMB.

“Alhamdulilah 212 Mart Puspitek, gerai ketiga kami sudah diresmikan Sabtu, 11 November 2017. Saat grand opening (GO) omzet meraih Rp 33 juta. Ini murni transaksi tanpa voucher,” kata Ketua Komunitas Koperasi Syariah 212 Tangsel, Kusmanto kepada Koperasi Syariah 212, dihubungi Rabu (15/11).

Bahkan pada hari kedua, jelas dia, omzet tetap stabil di angka Rp 19,5 juta, dan hari ketiga mencapai Rp 7 jutaan. “InshaAllah stabilitas omzet harian akan terus terjaga dengan baik. Adapun tipe gerai ini adalah tipe C,” kata Kusmanto.

Dirinya pun menghimbau agar semua anggota yang gabung dengan KUMB agar tidak sekedar komitmen tapi harus mengalihkan belanja harian secara militan. “Kita ini belum bisa bersaing masih jauh dibandingkan toko tetangga. Maka dihimbau agar jamaah bukan sekedar komitmen, tapi wajib untuk mengalihkan belanja harian secara militan ke gerai 212 Mart yang sudah kita dirikan,” tegas Kusmanto.

Dalam pengembangan, juga memfasilitasi produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) dipasarkan di 212 Mart Puspitek. Bahkan saat GO saja sudah banyak produk UKM yang dipasarkan. Kedepan pun akan terus bertambah jumlahnya. Namun demikian, kata Kusmanto, khusus untuk produk UKM ini ada tim devisinya yang akan menyeleksi kelayakan kualitas produk tersebut, jadi tidak langsung masuk ke gerai.

Bahkan untuk produk UKM ini juga dibuat aplikasi tersendiri  sehingga tidak gabung dengan produk dari Hydro. Hal ini untuk memudahkan pengawasan dan pengembangan dalam upaya pemasaran produk-produk di gerai 212 Mart Puspitek. Selain itu, sistem aplikasi online atau shopping online juga sedang disiapkan.

Sistem shopping online ini untuk memudahkan jamaah memesan produk-produk yang akan dibelikan ketika mereka tidak bisa datang membeli tapi bisa lewat aplikasi tersebut, dan kemudian akan dianter.

Selain itu, tambah Kusmanto, kedepan akan dikembangkan unit usaha lain seperti properti. ”Properti dan deleveri order menjadi satu kesatuan yang harus disiapkan dalam menyukseskan gerai 212 Mart ini,” katanya.

Rencananya, dalam waktu dekat KUMB yang berkantor di Perkantoran Plaza Bintaro Blok B-212 Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan ini akan membuka gerai ke 4 di Komplek Masjid Al Muhajidin Pamulang, dan gerai ke 5 di MRBJ Bintaro Jaya, Sektor IX.

“Sembari terus berbenah dengan berbagai perlengkapan operasional seperti aplikasi shopping online, aplikasi UKM,  penambahan unit usaha, dan persiapan laporan anggota tahunan.  InshaAllah akan membuka gerai ke 4 dan 5. Mohon doanya,” ungkap Kusmanto.

Kusmanto berharap ke depan KUMB dapat memiliki agen atau distributor untuk memudahkan pemasaran produk-produknya. Sehingga harga-harga produknya bisa lebih murah, dan juga bisa melayani gerai 212 Mart yang lain serta menghidupkan warung dan toko di sekitarnya.

“Cita-cita kami bisa miliki distribusi agen, kalau distribusi center (DC) mah KS 212 Pusat, dan kami akan mendukung. InshaAllah bisa mengalahkan toko tetangga, Itu kita harapkan,” pungkas Kusmanto.

Shortlink:

Terkait