Selenggarakan RAT, KUMB Umumkan Miliki Distribution Center Sendiri

Memiliki aset hingga Rp 7 M dan 10 gerai 212Mart, mitra Koperasi Syariah (KS) 212 telah memiliki distribution center sendiri.

Dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Umat Mandiri Bersatu (KUMB), Komunitas KS212 Tangerang Selatan (Tangsel), Banten di Puspiptek, Sabtu, 30 Maret 2019, terungkap aset KUMB mencapai angka Rp 7 M.

Namun demikian, hingga tahun kedua ini, KUMB masih merugi secara umum. Kerugian terus menurun dari 2017 ke 2018. Saat jumlah gerai dimiliki masih sedikit, yaitu tiga gerai, berbeda dengan kerugian yang didapatkan saat 10 gerai dimiliki.

Menurut Ir. Tedy Kuat Supriadi, Ketua Umum KUMB dalam laporannya, penurunan kerugian mencapai 50% dari 2017 ke 2018.

Sulit dipungkiri, biaya operasional gerai yang cukup besar menjadi salah satu penyebabnya. Tentu jugam daya beli masyarakat yang menurun. Namun demikian, KUMB terus optimis. “InsyaAllah, kami optimis di 2019 dengan dukungan Bapak dan Ibu, kita akan memulai mendapatkan keuntungan bersama-sama”, kata Tedy.

Tedy berharap kemanfaatan pembentukan KUMB ini bukan hanya karena adanya Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dibagikan sekali dalam setahun. Kemanfaatan bagaiman agar gerai ini dimanfaatkan oleh aggota untuk berbelanja di toko kita, tentunya kami sebagai pengurus terus memperbaiki, sesuai usulan anggota, misalnya staf harus profesional, barang lengkap, dan harga bersaing”, kata Tedy menjelaskan.

Dalam RAT ini, anggota menyetujui laporan dan rencana kerja dan anggaran dari pengurus. KUMB sendiri telah memiliki 3200-an anggota dan distribution center (DC) sendiri. “Kita juga sudah memliki gudang, DC, di mana nanti, insyaAllah dengan banuan pengurus bisa menjadi gudang bagi gerai-gerai 212Mart di Jabodetabek. Kami memang diminta juga oleh KS21 2 untuk untuk menjadi DC di Jabodetabek”, kata Tedy menegaskan.

Siaran langsung RAT KUMB sesi pagi ada di bawah ini:

Siaran langsung RAT KUMB sesi siang sampai sore ada di bawah ini:

Slide show RAT KUMB, karya Komunitas KS212 Tangsel ada di bawah ini:

Shortlink:

Terkait