Muslim? Belanjanya ya di 212 Mart

Ketika “Si Merah” dan “Si Biru” sudah bercokol hampir di tiap RW, saatnya Muslim disadarkan bahwa mereka hanya dimanfaatkan.

Dalam waktu lima bulan sejak diinisiasi, 212 Mart telah berdiri 30 gerai di seluruh Indonesia. Untuk mendirikan satu gerai diperlukan investasi tak kurang dari Rp 600 juta rerata. Jadi, setidaknya dibutuhkan Rp 18 Miliar untuk mendirikan 30 gerai tersebut. Yang dalam praktiknya bisa lebih besar. Dari mana dananya? Dari umat Muslim. Umat Muslim yang bergabung dalam Komunitas Koperasi Syariah 212 (KS212) dan menjadi investor 212 Mart di daerahnya.

Semangat umat Muslim untuk memiliki toko modern sendiri juga tumbuh di Cikarang Baru, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Rony Pengurus Komunitas KS 212 Cikarang Baru mengucap syukur karena telah menerima Surat Keputusan Pendirian 212 Mart dari Koperasi Syariah 212.

“Insyallah, kami akan mendirikan 212 Mart di Cikarang Baru, kami mengambil SK Pendirian 212 Mart, karena data lengkap. Mudah-mudahan akan ikut andil dalam kebangkitan ekonomi umat khususnya di perumahan sekitar kami”, kata Rony kepada Koperasi Syariah 212, Senin (23/10).

Untuk pendirian gerai di Cikarang Baru, Rony mengaku telah didukung oleh 154 investor yang juga telah menjadi anggota KS 212. Untuk nilai investasinya adalah minimal Rp 1 juta, maksimal Rp 20 juta per orang. Hal iniditetapkan karena Rony dan kawan-kawan mengambil lokasi strategis. Sehingga dana dibutuhkan total adalah Rp 1,2 Miliar. Itu termasuk untuk menyewa ruko sekaligus untuk lima tahun.

Tidak hanya di satu tempat, rencananya juga berkembang ke lokasi lain, masih di sekitaran Cikarang Baru. Hal ini memang harus direncanakan, soalnya menurut Rony, jaringan ritel lain seperti  “Si Merah” dan “Si Biru” sudah menjamur ke mana-mana. “Mungkin di tiap RW sudah ada. Mereka menjemput bola. Namun, kami yakin mereka hanya punya konsumen umum, bukan konsumen yang juga sebagai investor. Insyallah kita lebih ketimbang mereka, karena yang membuat kita maju adalah Muslim yang belanja di gerai 212 Mart”, kata Rony menjelaskan.

Oleh karena itu, Rony mengimbau, “Mari kita berpadu membangun ekonomi umat, kita fokuskan belanja ke warung ritel punya Muslim. Sehingga putaran uangnya dari Muslim untuk Muslim”. Yang tentu harapannya di masa depan, Muslim akan menguasai ekonomi Indonesia.

Untuk menjadi investor di 212 Mart, Cikarang Baru, bisa menghubungi Rony di nomor telepon 082111395054 atau datang ke kantor sekretariat di Jl Kancil Lima Blok C No. 102 Perumahan Cikarang Baru, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Shortlink:

Terkait