Investasi 212Mart Sistem Portofolio

Dengan model portofolio, investasi dianggap lebih adil dan menguntungkan bagi anggota.

Model investasi 212Mart bisa berbeda per Komunitas KS212. Salah satu yang dipakai adalah sistem portofolio yang diterapkan oleh Koperasi Syariah Komunitas Jakarta Timur. Seperti apa modelnya? Chandra Purnama, Ketua Koperasi Syariah Komunitas Jakarta Timur membagi ilmunya tentang sistem portofolio ini melalui grup internal di lingkungan Komunitas Koperasi Syariah 212. Berikut pemaparannya.


Bapak dan Ibu anggota dan investor 212 Mart yang terhormat,

Assalaamu’alaikum wr wb

Menyikapi berkembangnya diskusi dan wacana di kalangan anggota dan investor terkait sistem pengelolaan investasi KSKJT, khususnya minimarket, maka saya selaku Ketua Koperasi Syariah Komunitas Jakarta Timur (KSKJT) perlu menyampaikan penjelasan sebagai berikut guna meluruskan kesimpangsiuran tersebut.

*01*
Investasi 212Mart yang dikelola oleh KSKJT itu BUKAN per toko atau biasa disebut konsep *standalone,* tapi KSKJT menganut konsep *portfolio.*

Kalau konsep standalone (per outlet toko) itu begini. Kita umumkan bahwa kita akan membuka outlet Lubang Buaya (LB), disusul dengan pengumuman penggalangan dana. Kemudian ketika dana sudah terkumpul, penggalangan dana ditutup, maka mereka yang terdaftar menjadi investor dan nanti akan mendapat bagi hasil serta SHU dari outlet itu saja.

Ketika kita buka outlet kedua di Kayu Putih (KP), dilakukan penggalangan dana lagi, ketika dana terpenuhi, ditutup. Demikian seterusnya.

Dalam konsep standalone, berbeda investasi, berbeda pula bagi hasilnya. Ketika outlet satu untung sedangkan outlet lain rugi, maka investor:anggota dari outlet yang untung akan mendapat bagi hasil/SHU, sedangkan investor/anggota dari outlet yang rugi akan gigit jari.

*02*
Konsep PORTFOLIO tidak begitu. Dalam konsep portfolio, penggalangan dana jalan terus, dan outlet yang akan dibuka juga jalan terus. Penghitungan bagi hasil/SHU dihitung secara keseluruhan, sehingga ketika ada satu outlet yang performancenya lebih baik dibanding yang lain, semua investor akan menikmati untung bersama. Demikian pula sebaliknya, semua investor akan menanggung rugi bersama. Ada cross-subsidy (subsidi silang) antara outlet.

*Di sinilah konsep berjamaah tegak:* untung dinikmati bersama, rugi juga ditanggung bersama.

Konsep portfolio sangat umum diterapkan dalam dunia investasi dan keuangan. Di perbankan, misalnya, kita tidak pernah bilang ke bank, “Bank, saya mau depositokan uang saya di bank ini, tapi saya mau penyaluran kreditnya hanya untuk perusahaan A dan perusahaan B saja, ya! Perusahaan lainnya saya tidak mau.”

Demikian juga ketika kita investasi uang kita di reksadana. Kita tidak bisa bilang ke fund managernya, “Pak, saya mau beli reksadana ini, tapi dananya hanya dibelikan saham Telkom dan Astra saja, ya! Jangan dibelikan saham yang lain.”

Bisa kah kita bilang begitu ke bank maupun fund manager? Kan tidak bisa, dan tidak akan pernah bisa, karena mereka menerapkan konsep portfolio dalam mengelola dananya. Kita juga tidak bisa bilang, “Saya tidak mau ribet ngitungnya.” Karena yang menghitung itu adalah bank atau fund manager, bukan nasabah atau investor.

Demikian juga KSKJT. Sebagai badan usaha yang mengelola simpanan anggota dan dana investor, KSKJT juga menerapkan konsep portfolio. Kurang lebih mirip seperti bank atau reksadana. Dengan portfolio, investasi terdiversifikasi sehingga tingkat risiko bisa lebih rendah. Selain itu yang menghitungnya adalah pengurus KSKJT bukan anggota atau investor. Jadi anggota dan investor tidak akan mengalami keribetan. InsyaAllah.

Demikian Bapak dan Ibu sekalian, penjelasan konsep portfolio yang dianut KSKJT dalam menjalankan dan mengelola investasinya. Penjelasan ini perlu ditekankan agar tidak terjadi kesimpangsiuran dan kesalahpahaman di kalangan anggota dan investor KSKJT.

Terimakasih.

Wa’alaikum salaam wr wb

Chandra Purnama
Ketua KSKJT
±+++++++++++++++++++++
Semoga Allah Subhaanahu Wa Ta’ala memberikan kemudahan dan meridloi niat kita ini. mari bergabung di WAG Investor dan mohon di Sebarkan ke saudara muslim yang lain
Silahkan klik (link) berikut untuk bergabung di WA group 212 Mart Area Matraman dan Sekitarnya
👇👇👇
*https://chat.whatsapp.com/3YekNdQzdKX2Vf5YhsebDW*

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatu,

info:
www.koperasisyariah212.co.id
BERJAMAAH AMANAH IZZAH

TTD,
KSKJT

Shortlink:

Terkait