Ini Alasan Belanja di 212 Mart

Untuk membangun ukhuwah Islamiyah dan pelaksanaan jihad di jalan Allah.

Hampir setahun aksi 212, umat Muslim terbangunkan dari tidur panjangnya. Diawali gerakan moral menegakkan hukum atas kasus penistaan agama Islam, berkembang menjadi gerakan ekonomi rakyat. Dari antara gerakan itu adalah membangun jaringan ritel Muslim, yang dimiliki secara berjamaah, bernama 212 Mart.

Imbauan untuk berbelanja di 212 Mart pun disampaikan di mana-mana. Yang selalu dikatakan dalam tiap pembukaan gerai 212 Mart. Gerai yang kini berjumlah 34 di seluruh Indonesia, berdiri dalam itungan enam bulan.

Di peresmian gerai 212 Mart Rawa Kalong, Tambun, Bekasi, Ahad (5/11), Sekertaris Koperasi Syariah (KS 212), Agus Siswanto mengingatkan masyarakat Muslim sekitaran Tambun, bahwa ketika  berbelanja di 212 Mart, maka sebenarnya banyak implikasinya. Beberapanya, membantu anak yatim dan dhuafa karena sebagian keuntungan 212 Mart harus diserahkan sebagai zakat dan sedekah. Membantu perjuangan umat Islam di Indonesia maupun di seluruh dunia, karena meningkatkan daya tawar umat Muslim. Yang tak kalah penting adalah berjihad di jalan Allah SWT dan tentunya membangun ukhuwah Islamiyah.

”Karena bangunan ukhuwah Islamiyah yang paling mudah direkatkan ketika urusannya adalah ekonomi. Maka apapun latar belakangnya, inshaallah  212 Mart akan menjadi perekat keumatan ini dan akan memperkokoh ukhuwah islamiyah,” Kata Agus dalam sambutannya.

Selain itu, sebagai bagian dari pemberdayaan ekonomi umat, belanja di 212 Mart juga memeratakan pendapatan antarumat, meningkatkan kesejahteraan umat, dan mengurangi pengganguran. Dilihat dari gambar besarnya, mengurangi hegemoni kapitalisme, yang sampai saat ini masih menjadikan Islam hanya sebagai obyek penindasannya.

Perjuangan ini dimulai dari yang kecil, Agus menjelaskan, toko sebelah sekarang besar lantaran sudah berkiprah selama 30 tahun, dan  sudah memiliki gerai kurang lebih 35 ribu di seluruh Indonesia.

”Umat Muslim  harus mempunyai cita-cita besar, 35 tahun ke depan harus memiliki gerai 212 Mart lebih dari 35 ribu di seluruh Indonesia. Allahu Akbar, ” kata Agus disambut pekik takbir jamaah yang hadir.

Shortlink:

Terkait