Fadli Zon: Koperasi Syariah 212, Gerakan Membangun Ekonomi Umat

Dengan berjamaah potensi ekonomi umat Muslim Indonesia akan mempunyai daya saing.

Wakil Ketua Umum Partai Gerinda Fadli Zon mengapresiasikan Kongres Ekonomi Umat (FEU) yang baru saja diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Menurutnya, kongres ini akan menjadi strating poin bagi kebangkitan ekonomi syariah mengingat potensi ekonomi umat Muslim Indonesia sangat besar, mulai persoalan hulu hingga hilir, seperti persoalan halal, keuangan syariah, dan sektor lainnya.

Fadli juga mengapresiasikan hasil kongres yang menekankan untuk memperkuat ekonomi kerakyatan. Yakni untuk menggerakkan Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM).  Fadli berharap KUMKM bisa menjadi mitra sejajar dengan pengusaha besar, baik itu dalam sistem produksi, distribusi dan pemasaran terintegrasi.

“Sistem perekonomian harus adil, merata dan mandiri ada dalam ekonomi umat atau ekonomi kerakyatan. Tentu jika sistem ekonomi umat ini ada yang mengatur, pasti ekonomi umat Muslim Indonesia akan bangkit,” ujar Fadli kepada Koperasi Syariah 212  ditemui di kantor MUI Pusat, Jakarta, Rabu (25/4).

Fadli berharap tahun 2017 ini menjadi tahun kebangkitan ekonomi umat Muslim Indonesia. Untuk mewujudkannya tentu kata Fadli harus diimplementasikan dengan gerakan berjamaah. Seperti Aksi 212, semangatnya telah mendorong kebangkitan ekonomi umat, kesadaran umat sangat luar biasa diwujudkan dengan membentuk Koperasi Syariah 212.

“Saya mendukung Koperasi Syariah 212, karena gerakan berjamaah ini membangun ekonomi umat, saling gotong royong. Energinya disalurkan untuk kebangkitan ekonomi umat,” ujar Fadli.

Menurut Fadli, Koperasi Syariah 212 itu salah satu bentuk penguatan terhadap UMKM milik pengusaha Muslim. Selain  pengembangannya dalam bidang UMKM bisa juga dalam bentuk micro finance dan lainnya.

“Potensi  ekonomi umat itu sangat besar, dan yang selama ini hanya diwacanakan harus menjadi kekuatan tentu juga harus dikelola dengan baik,  ya Koperasi Syariah 212 ini,” ujar Fadli.

Fadli menyakini bahwa dengan berjamaah potensi ekonomi umat Muslim Indonesia akan memiliki daya saing tidak hanya di dalam negeri bahkan hingga ke pasar global. Tentu sinergi dengan pengusaha besar Muslim juga harus dilakukan dengan menjalin kemitraan.

“Alhamdulilah poin deklarasi Kongres Ekonomi Umat akan memperkuat ekonomi umat dengan menggerakan KUMKM. Diharapkan Koperasi Syariah 212 bisa sejajar dengan pengusaha besar Muslim, bisa juga bermitra,” pungkas Fadli.

Terkait

Shortlink: