- October 9, 2019
- Posted by: Admin
- Category: Blog

Tak terasa, telah lebih dari setahun, Koperasi Syariah 212 (KS212) berdiri. Sudah saatnya pula bagi anggota untuk memperpanjang keanggotaannya. Begini caranya.
Terima kasih telah ikut dalam jihad ekonomi bersama KS212 sebagai anggota. Dapat kami informasikan bahwa iuran Simpanan Wajib tahun ke-2 dan tahun selanjutnya, akan ada pemberitahuannya via email.
Anda dapat melakukan pembayaran iuran tahun ke-2 dan selanjutnya dengan cara menyetorkan dana ke simpanan Multiguna pada rekening Anda di KS212. Dari rekening inilah KS212 akan mendebet secara otomatis senilai Simpanan wajib Anda tersebut. Pendebetan dimaksud dari Simpanan Multiguna, akan dilakukan otomatis jika sudah jatuh tempo.
Anda dapat mengecek saldo Simpanan Multiguna melalui aplikasi Koperasi Syariah 212 Mobile yang dapat diunduh dari Play Store.
Mohon dipastikan juga bahwa email yang Anda gunakan saat mendaftar sebagai anggota KS212 dalam keadaan aktif. Karena, informasi mengenai jumlah Simpanan Wajib yang harus dibayarkan akan dikirimkan ke email tersebut. Untuk mengonfirmasi email Anda, silakan mengirimkan email ke pendaftaran@koperasisyariah212.co.id.
Cara Menambah Saldo Simpanan Multiguna di KS212
Anda dapat menambah saldo Simpanan Multiguna dengan mentransfer sejumlah dana ke rekening Virtual Account (VA) Bank Syariah Mandiri (BSM): 9004212 xxxxxxxx. Untuk saat ini, pembayaran melalui rekening VA ini hanya bisa dilakukan melalui transfer online antarbank, atau pemindahbukuan sesama rekening BSM.
Transfer melalui ATM BSM atau Mandiri, jika rekening Anda juga BSM. Atau, transfer antarbank ke BSM dengan kode bank 451 jika rekening Anda bukan BSM.
Format xxxxxxxx setelah 9004212 adalah nomor rekening Simpanan Multiguna Anda yang dapat Anda lihat melalui aplikasi Koperasi Syariah 212 Mobile. Tentu saja, rekening tersebut harus atas nama Anda sendiri.
Beberapa Kesalahan yang Sering Terjadi
- Jika saat transaksi field untuk input sepertinya kurang, tetap lanjutkan input nomor rekening hingga selesai.
- Jika pembayaran gagal, silahkan dicoba kembali atau bisa melakukan pembayaran via teller BSM dan mohon menginfokan kepada teller yang bersangkutan untuk memilih menu transfer dan bukan menu payment.
- Jika masih belum bisa, mohon infokan transaksi dilakukan melalui apa, dan keterangan gagalnya seperti apa, serta capture/foto transaksi setiap langkahnya
Catatan Tambahan
- Pembayaran melalui transfer dalam negeri LLG/SKN dan juga transfer luar negeri, akan secara otomatis ter-reversal atau dikembalikan. Artinya transaksi yang Anda lakukan gagal dan dana akan dikembalikan atau refund kepada Anda. Apabila Anda belum menerima refund dana, silahkan menghubungi call center bank yang bersangkutan untuk melaporkan bahwa Anda mengalami gagal transaksi namun dana belum kembali ke rekening.
- Transaksi pembayaran belum bisa dilakukan melalui mBanking BSM, Klik BCA, Internet Banking BNI, CIMB Niaga, dan Bank Permata.
- Jangan lupa untuk menambahkan Rp 2.000 dari nominal yang ditransfer setiap kali transfer melalui ATM, Teller, Internet/Mobile Banking. Ini adalah biaya administrasi dikenakan oleh BSM.
- Transfer sebaiknya dilakukan bukan pada awal dan akhir bulan dikarenakan pada awal dan akhir bulan sering terjadi gangguan pada sistem jaringan BSM.
- Apabila Anda menemui kendala, silakan melakukan pembayaran via teller BSM.