Mimpi Besar Komunitas Syariah 212 Depok

Berawal dari warung komunitas, kebangkitan ekonomi ummat pun diharapkan.

Komunitas Koperasi Syariah 212 (KS 212) Depok berencana mendirikan 212 Mart. Kini, toko 212 Mart yang terletak di Jalan Muklis, Kelurahan Beji, Depok, Jawa Barat itu masih dalam proses renovasi. ” Renovasi sudah mencapai 60-70 persen. InsyaAllah bulan depan 212 Mart bisa diresmikan,” kata Ketua Komunitas KS 212 Depok, Rusdy Johan kepada Koperasi Syariah 212, belum lama ini.

Namun demikian, lanjut Rusdy, meskipun 212 Mart belum didirikan, tapi sudah memiliki “Warung Komunitas Koperasi Syariah 212 Depok”. Warung ini adalah wadah untuk memasarkan produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) anggota komunitas KS Depok.

“Anggota komunitas KS 212 Depok bisa menitipkan produk usahanya di sini, dan kita siap membantu masarkan,” ujar Rusdy.

Selain produk UKM hasil usaha para anggota, yaitu seperti kecap, minyak goreng 212, beras 212, pembersih lantai, dan pencuci piring, serta beras. Warung Komunitas KS 212 Depok ini juga menjual bahan sembilan pokok lainnya. Jadi kata Rusdy, meski nanti 212 Mart sudah ada, warung ini juga tetap ada untuk dijadikan distribution center-nya (DC) untuk memenuhi kebutuhan produk-produk yang akan dipasarkan di semua 212 Mart.
“Mimpi kami, warung ini bisa jadi DC untuk semua 212 Mart,” ujarnya.

Dengan mimpi itu, Rusdy berharap kebangkitan ekonomi umat Muslim Indonesia bisa terwujud. Karena secara otomatis akan banyak produk UKM anggota komunitas KS 212 yang dipasarkan, tentunya selain produk lain.Sehingga, kata dia, jaringan produksi dan pemasaran dapat dikuasai umat dalam pengembangan ekonomi umat ini.

Bahkan, lanjut dia, saat nanti 212 Mart Depok diresmikan sudah tersedia ruang khusus untuk pasarkan produk-produk UKM para anggota komunitas KS 212 Depok, khususnya. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan hidup mereka. Tentu diharapkan juga produk UKM ini bisa bersaing di pasar luas tidak hanya di wilayah Depok saja.
Rusdy berharap dari Depok pulalah gerakan ekonomi syariah bisa direalisasikan dengan nyata. Bahkan telah telah terbukti dari Depok pulalah, gerakan ekonomi syariah 212 telah mendirikan hunian apartemen Grand Zamzam Towers 29 lantai dengan 370 unit kamar.

” Anggota komunitas KS 212 bisa menjadi pemasar apartemen dalam tahap konstruksi yang diproyeksikan menjadi pusat komunitas Muslim and Quranic Village ini,” pungkas Rusdy.

Terkait

Shortlink: