Awas Penipuan! Koperasi Syariah 212 Belum Menawarkan Produk Pinjaman

Terjadi beberapa kali, penipuan mengatasnamakan Koperasi Syariah 212 atau menggunakan atribut KS212. Atribut itu bisa saja, nama lembaga yang mirip, foto profil di media sosial, foto ilustrasi, bahkan alamat komunitas KS212.

Penipuan bermodus, menawarkan pinjaman cepat dengan syarat mentransfer biaya administrasi atau jaminan. Dengan janji, setelah ditransfer, korban akan dikirimkan dana yang dijanjikan. Nilai pinjaman beragam ada yang Rp 3 juta sampai Rp 20 Juta.

Penipu, berani memberikan nomor WA dengan foto profil terkait KS212, misalnya foto salah satu pengurus atau kegiatan KS212.

Biasanya, setelah korban mentransfer, si penipu tidak akan bisa dihubungi lagi atau berganti nomor HP.

Kepada masyarakat, perlu kami tegaskan, bahwa KS212 sampai saat ini belum menerbitkan produk pinjaman. Memang ada rencana ke sana, namun belum mendapatkan izin operasional dari otoritas terkait.

Jadi, kalau hingga saat ini, ada yang menawarkan pinjaman mengatasnamakan KS212 atau menggunakan atribut KS212, bsia dipastikan itu adalah penipuan.

Agar masyarakat tidak dirugikan, bisa kiranya segera laporkan ke pihak berwenang, dalam hal ini Polri untuk dugaan penipuan yang terjadi.

Demikian imbauan ini kami sampaikan semoga bermanfaat.

Shortlink:

Terkait