Aset KUMB Tangsel Rp 3,5 Miliar

Koperasi Umat Madani Bersatu (KUMB) telah sukses mendirikan empat gerai 212 Mart di Tangsel Selatan (Tangse), tercatat omzetnya Rp 3,5 miliar.

Wakil Ketua KUMB, H. Anwar memaparkan sejarah berdirinya KUMB. Menurutnya, badan hukum yang memayungi 212 Mart Tangsel ini mulai dibentuk sekitar bulan Juni 2017.

“KUMB dibentuk, tapi gerai 212 Mart belum ada. Jadi baru sosialisasi saja yang dihadiri sekitar 40 orang,” kata Anwar.

Dengan ghirah yang luar biasa, akhirnya kata Anwar, gerai pertama 212 Mart Tangsel diresmikan pada 5 Agustus 2017. Dengan keanggotaan kurang lebih 200 orang, dan nilai investasi sekitar Rp 600 jutaan.

Dengan perjalanan waktu dan semangat ghirah, setiap dua bulan sekali KUMB mendirikan atau meresmikan 212 Mart. Yang mana gerai berbasis Islami ini adalah miliknya anggota/jamaah atau umat bukan milik perorangan

Gerai kedua pun diresmikan, tepatnya pada 7 Oktober 2017. Gerai ini bernama 212 Mart Al-Taqwa berlokasi di Villa Pamulang. Adapun keanggotannya sekitar 150 orang, dengan investasi Rp 200 jutaan.  Sementara, kata Anwar, satu gerai ini butuh modal sekitar Rp 600 jutaan. “Alhamdulilah dengan berjamaah dan kebersamaan terlaksana dibuka,” kata Anwar.

Kemudian gerai ketiga ‘212 Mart Puspiptek Tangsel’ diresmikan pada 11 November 2017. Satu bulan jaraknya dari pembukaan gerai kedua. Dan pada 14 Januari 2018, KUMB meresmikan gerai keempat bernama ‘212 Mart Palapa Tangsel’ yang diresmikan oleh Walikota Tangsel Airin  Rachmy Diany.  Keanggotan gerai ini tercatat sebanyak 300 orang.

Menurut Anwar, kalau diakumulasi dari awal hingga hari ini, anggota KUMB Tangsel kurang lebih 1200 orang, dengan investasi Rp 3,5 miliar. “Jadi kalau ditotal sekitar  5-6 bulan ke depan sudah punya aset Rp 5 miliar ,” ujarnya.

Satu Tahun 10 Gerai di Tangsel
KUMB juga menargetkan dalam satu tahun minimal akan mendirikan 10 gerai 212 Mart di Tangsel. Namun dengan telah dirikannya 4 gerai, maka target tersebut sudah melebihi mengingat di Tangsel itu ada 7 kecamatan. “Kalau 10 gerai berarti lebih dari perkecamatannya. Ini semua adalah berkat kita berjamaah. Kalau kita tidak berjamaah rasa-rasanya sulit,“ kata dia.

Anwar juga berterima kasih kepada muhajidin dan muhajidah yang telah bekerja dengan iklas penuh perjuangan tanpa pamrih. Padahal menurut Anwar, kalau kita bekerja di kantor di gaji juga kadang kita tidak mau bekerja dari pagi sampai malam.

“Kalau bukan muhajidin dan muhajidah, ini berat mewujudkan berdirinya 212 Mart di Tangsel. Mereka adalah pejuang tanpa pamrih materi hanya berharap ridho dari Allah SWT,” tegas Anwar.

Menurutnya, semangat juang mereka adalah modal kebangkitan ekonomi umat Tangsel sehingga bisa maju dan berkembang serta terus bergerak secara massif. Setelah tanggal 14 Januari 2018 diresmikan 212 Mart Palapa, akan menyusul gerai kelima  ‘212 Mart di Villa Bintaro Indah’ yang akan diresmikan pada 25 Februai 2018.

Kemudian akan menyusul lagi di Batan Indah Tangsel, yang Insha Allah kata Anwar, akan diresmikan pada April 2018. 212 Mart juga akan diresmikan di Pamulang 2, Permata Pamulang, Cipole, Pondok Kacang Prima, Masjid Raya Bintaro, Masjid Al-Jihad Pamulang, dan lainnya.

”Alhamdulillah ghirah jamaah, ini karena Allah  SWT sudah satukan kita untuk kebangkitan ekonomi umat. Yang mana gerai 212 Mart ini adalah dari umat, oleh umat, dan untuk umat,” kata Anwar.

Dalam pengembangan gerai 212 Mart, KUMB komitmen memfasilitasi produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Komitmen ini kata Anwar, sebagai bentuk dukungan pada program pemerintah Tangsel yaitu 1000 Koperasi Sehat. Anwar pun berharap KUMB menjadi koperasi yang sehat dan mendapatkan predikat yang terbaik dari Dinas Koperasi Kota Tangsel.

“150 produk UMKM sudah dipasarkan di gerai 212 Mart Palapa Tangsel ini. Di ketiga gerai lainnya juga ratusan produk UMKM dipasarkan. Ini bukti komitmen kami mendukung program 1000 Koperasi Sehat  pemerintah Tangsel,” pungkas Anwar.

Shortlink:

Terkait