Aneka Kegiatan Komunitas KS212 Jelang Ramadhan

Jelang Ramadhan, Komunitas Koperasi Syariah 212 (KS 212) mengadakan aneka kegiatan.

Alhamdulillah, Ramadhan menjelang. Kita masih sempat bertemu dengan bulan yang mulia. Jelang Ramadhan, Komunitas Koperasi Syariah 212 (KS 212) mengadakan aneka kegiatan. Mulai dari bakti sosial, bazaar Ramadhan, promosi khusus, dan sebagainya. Memang kegiatan masih berfokus di gerai-gerai 212 Mart yang dimiliki oleh komunitas. Tentu saja, dalam rangka mencari keberkahan Ramadhan, selain peningkatan dari sisi bisnis.

Salah satunya adalah gerai 212Mart Cikaret, Cibinong, Kabupaten Bogor. Gerai yang dikelola oleh Komunitas KS212 Kabupaten Bogor I ini, bahkan sudah menggelar pojok kuliner ala Ramadhan di depan gerai. Aneka jajanan dan makanan matang telah digelar. Selama Ramadhan nanti, akan ada ifthar gratis untuk setiap hari. “Ifthar untuk siapa saja yang memerlukan”, kata Aida Yudiastuti, Ketua Komunitas KS212 Kabupaten Bogor 1 kepada Koperasi Syariah 212, Jumat (4/5).

Selain ifthar, juga ada santunan untuk anak yatim dan dhuafa secara berkala. “Buka puasa bersama, tentunya akan dilakukan juga bersama anak yatim dan pengurus. InshaAllah juga akan ada beberapa figur publik, seperti Nadia Vega, Dewi Yull, dan Syahrul Gunawan”, kata Aida menambahkan.

Untuk mendorong penjualan, pihak pengelola gerai juga akan memberikan aneka promosi, seperti beli A mendapat B, dan sebagainya. Tentu saja, akan ada tarhib Ramadhan. Buka bersama anak yatim dan pengurus.

Sementara, Koordinator Pusat Komunitas (KPK) Eka Rusmiyanti mengapresiasi kegiatan komunitas dalam menyambut Ramadhan. Eka yang ikut aktif sejak pendirian KS 212 di awal 2017 ini, mengajak umat Muslim umumnya dan Komunitas KS212 pada khususnya untuk mengintrospeksi dan memperbaiki diri.

Khususnya kepada para Pengurus Komunitas KS212, “Semoga di bulan Ramadhan ini, segala permasalahan yang ada, perbedaan pendapat, perbedaan persepsi, perbedaan visi dan misi, semua bisa ditarik satu benang merah yang sama, yaitu membangun ekonomi umat. Membangun dengan cara yang sesuai dengan etika umat Muslim, cara yang baik”, kata Eka kepada Izzah, Jumat (4/5).

Bazaar Ramadhan
Karena ramadhan penuh berkah, banyak dari anggota kami yang ingin memberikan santunan, kami pun mempersiapkan paket sembako di kisaran Rp 100 ribu”, kata Teddy Supriadi kepada Koperasi Syariah 212, Sabtu (4/5). KUMB pun menargetkan satu gerai dapat menjual sekitar 2000 paket selama Ramadhan ini. KUMB sendiri memiliki tujuh gerai di Tangerang Selatan, sehingga 14 ribu paket ditargetkan pada Ramadhan ini.

Dengan harga Rp 100 ribu per paket itu, setidaknya mendapat gula merah, gula pasir, dan terigu. Marjin yang diambil juga sejatinya tidak banyak, karena tujuannya hanya menarik simpati umat.

Saat ini paket-paket tersebut sudah disiapkan, Teddy menambahkan, inshaAllah di salah satu gerai KUMB, Villa Bintaro Indah (VBI) sudah memesan 100 paket.

Hanya menurut Teddy, Hydro Perdana Retailindo sebagai distributor harus siap melayani kebutuhan dari para gerai ini.

Selain paket sembako ini, KUMB juga akan mengadakan santunan anak yatim, bekerjasama dengan mesjid-mesjid. Selain santunan anak yatim, ada paket, juga akan ada Bazaar Ramadhan, dengan maksud sekadar untuk memperkenalkan, bahwa ada gerai 212Mart di dekat situ. Misalnya di pojok pertigaan, tempat umum di dekat gerai, KUMB membuka bazaar. Karena sebenarnya, masih ada saja masyarakat yang belum tahu akan keberadaan gerai 212Mart. Sumber dana untuk santunan dan bazaar, masih mengandalkan dana anggota KUMB dan jamaah. Ini padet sekali, maunya tabligh akbar, baru ada rencana.

Teddy juga menginformasikan bahwa pada Grand Opening (GO) 212Mart Pondok Kacang Permai (PKP), akhir April 2018, omzet tercapai adalah Rp 79 Juta. Sayang sekali, ketika peminat banyak, barangnya sudah keburu habis. Dari jumlah tersebut, omzet khusus produk UMKM saja meniembus Rp 22 Juta.

#JumatBerkah
Selain di bulan Ramadhan, Komunitas KS 212, juga aktif melakukan kegiatan sosial, terutama di hari Jumat. Biasanya dalam tajuk Jumat Berkah. Contohnya yang dilakukan oleh gerai 212 Mart Limus Pratama Regency. Pada Jumat (4/5), pengurus gerai, Rahmie Ariyati mengunggah foto di akun Facebook-nya dengan keterangan gambar: “Alhamdulillah Jumat Berkah datang kembali. Pembagian paket sembako Bingkisan Jumat Berkah 212Mart Limus Pratama Regency yang ke 29 kali nya..
Hari ini Jumat, 4 Mei 2018. Jumat ini terdapat pesanan khusus yg dibagikan sendiri oleh pemesannya 60 paket, sedangkan BJB reguler Alhamdulillah ada 125 bingkisan yg dibagikan ke para duafa, janda2 dan yatim piatu yg berada di sekitar perumahan Limus Pratama Regency. Semoga membawa manfaat dan barokah”, kata Rahmie di statusnya.

Shortlink:

Terkait