Alfamidi di Depan 212 Mart Parung Bingung Tutup

Berdiri berseberangan dengan gerai 212Mart Parung Bingung, Depok, tetiba Alfamidi tutup. Ada apa?

Info tutupnya Alfamidi di seberang gerai 212 Mart beredar di berbagai grup Koperasi Syariah 212. Belum jelas penyebabnya apa. Yang jelas, menurut Hidayati, Ketua Koperasi koperasi syariah Amanah Bersama Ummat (ABU), gerai Alfamidi itu tutup sejak 31 Oktober 2017. Sebelum tutup menurut pengamatannya “Masih ada yang belanja di sana (AlfaMidi—red)”, kata Hidayati S. melalui pesan singkatnya kepada Koperasi Syariah 212.

Koperasi ABU adalah badan hukum yang menaungi gerai 212 Mart Parung Bingung.

Ketika ditanya, apakah mungkin AlfaMidi tersebut tutup karena kehadiran gerai 212 Mart, tepat di seberang jalan? Hidayati menjawab, “Bisa jadi!”.

Lokasi kedua gerai ini adalah di Parung Bingung, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok. Bisa dicek di Google Maps pada tautan ini https://goo.gl/maps/kWsbaxfWwqq atau lihat peta di bawah ini.

Di gerai 212 Mart Parung Bingung sendiri, omzet per hari rerata saat ini, masih di Rp. 5,300,385. Oleh karena itu, menurutnya belum bisa dibilang naik karena ini baru berjalan 8-9 hari sejak penutupan AlfaMidi tersebut. “Bertambahnya penjualan per hari bisa jadi juga karena semakin bertambahnya anggota yang berada di sekitar Parung Bingung. Pembeli juga mulai beragam, dari berbagai kelas”, kata Hidayati menjelaskan.

Menurunnya FMCG
Nielsen Indonesia, pada Oktober 2017 merilis risetnya tentang penurunan belanja ritel, khusunya di kategori Fast Moving Consumer Goods (FMCG). “Tahun ini FMCG hingga September mengalami perlambatan pertumbuhan di mana growth hanya mencapai 2.7% sedangkan rata-rata pertumbuhan normal tahunan mencapai 11%”, kata laporan Nielsen.

Lembaga ini mengakui, mid low class sebagai pemegang porsi yang besar dalam konsumsi FMCG menahan konsumsinya, karena menurunnya daya beli dan kenaikan harga utility. Sehingga berdampak pada pengurangan konsumsi, menahan pembelian impulsive produk dan downsizing

Berlokasi di Parung Bingung, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok, gerai 212 Mart Parung Bingung diresmikan pada Ahad, 23 Juli 2017. Peresmian oleh Sekretaris Umum Koperasi Syariah 212, Agus Siswanto. Gerai 212 Mart Parung Bingung ini merupakan yang kedelapan. Baca juga: Peresmian 212Mart Parung Bingung

Koperasi Amanah Bersama Umat sebagai pemilik gerai 212 Mart Parung Bingung, berencana mendirikan gerai berikutnya di sekitaran Sukmajaya, juga masih di Depok, Depok Timur tepatnya. Tertarik menjadi investor? Cek laman ini.

Shortlink:

Terkait