Ahad Besok, 212 Mart Jonggol Akan Diresmikan

Meskipun ada yang pro dan kontra, tapi ghirah umat Muslim Citra Indah City terbuktikan dengan mendirikan 212 Mart Jonggol.

Penasehat 212 Mart Jonggol, Dudung Durachman mengatakan, gerai 212 Mart Jonggol akan diresmikan pada Ahad, 24 Desember 2017. Gerai berbasis islami ini terletak di Ruko Plaza Bukit Menteng Blok R3 No.1, Citra Indah City, Desa Sukamaju, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“IshaAllah 212 Mart Jonggol diresmikan pada Ahad, 24 Desember 2017. Ini adalah gerai ke enam milik Koperasi Komunitas Muslim Bogor Raya (KMBR), badan hukum usaha dari 212 Mart Jonggol,” kata Dudung kepada Koperasi Syariah 212, dihubungi Kamis (21/12).

Dudung merasa bersyukur ghirah ekonomi umat Muslim di komplek perumahan Citra Indah City sangat tinggi. Meskipun ada yang kontra dan pro itu adalah masalah biasa dalam perjuangan. Setelah para pengurus silaturahmi dan memberikan pemahaman tentang 212 Mart, akhirnya banyak masyarakat yang mendukung.

“Alhamdulillah pak camat, pak kades, dan pejabat di Kabupaten Bogor serta masyarakat mendukung didirikannya 212 Mart Jonggol ini,” kata Dudung, yang juga menjabat di KMBR sebagai Koordinator Kecamatan Jonggol.

Terbukti, kini hingga Rabu (20/12) jumlah anggota tercatat 401 orang, tapi yang komitmen membayar sebanyak 357 orang.  Dana investasi kisaran Rp 500 ribu sampai Rp 10 juta. Adapun dana yang terkumpil hingga Rabu kemarin adalah sebesar Rp 700 jutaan. Sedangkan gerai 212 Mart Jonggol ini adalah tipe C dengan sewa pertahun Rp 40 juta.

Meskipun di Citra Indah City ini ada sekitar delapan toko tetangga, tapi menurut Dudung itu bukan masalah. 212 Mart Jonggol ini juga lokasinya sejajar dengan si Merah dan si Biru. Namun si Biru terletak di ujung kanan, dan  si merah agak tengah. Sedangkan 212 Mart Jonggol berada di ujung kiri, lokasinya sangat strategis karena terlihat dari berbagai arah komplek perumahan ini. Setiap orang masuk dan keluar cluster Citra Indah City dipastikan  langsung melihat gerai 212 Mart Jonggol ini.

“212 Mart Jonggol ini lokasinya sangat strategis di bandingkan toko tetangga. Lokasinya juga samping halte feeder busway dan pom bensin,” jelas Dudung.

Dudung dan pengurus 212 Mart Jonggol terus akan menyosialisasikan memberikan pemahaman kepada masyarakat Citra Indah City khususnya anggota agar komitmen belanja di toko miliknya sendiri.

Dengan hadirnya 212 Mart Jonggol ini, Dudung berharap ekonomi umat Muslim Citra Indah City khususnya lebih baik kedepannya. Diharapkan juga masyarakat Muslim lainnya yang selama ini belanja di toko tetangga bisa hijrah ke 212 Mart ini.

“InshaAllah anggota komitmen belanja di tokonya sendiri, yang diharapkan masyarakat Muslim lainnya bisa hijrah ke 212 Mart Jonggol ini. Karena selama ini umat Muslim kan jadi objek, kini saatnya bergerak bangkitkan ekonomi umat,” ungkap Dudung.

Apalagi kata Dudung, belanja di 212 Mart dan menjadi anggota itu mendapat berlipat berkah. Yaitu mendapat bagi hasil usaha setiap tahunnya, membantu syi’ar Islam, membangkitkan ekonomi umat, dan membantu anak yatim dan kaum dhuafa, Jadi tegas dia, tidak semata mencari keuntungan saja, tetapi ada keberkahan hati yang kita dapat untuk bekal hidup di dunia dan akherat.

Untuk ekonomi nasional, Dudung mengatakan,  bahwa salah satu akar rumput di desa adalah hadirnya 212 Mart ini bisa mendorong pembangunan nasional khususnya di bidang ekonomi umat Muslim.

Pihaknya juga berencana membuka lagi gerai 212 Mart ini di komplek perumahan Citra Indah City ini, yakni dilokasinya akan ke dalam. Karena menurut Dudung, di komplek perumahan ini terdapat 42 cluster sehingga kalau bertambah gerai diharapkan bisa melayani kebutuhan seluruh warga. Selain di komplek ini, juga kemungkinan akan membuka lagi di kota Jonggol wilayah lainnya.

Dalam pengembanganya, produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) akan difasilitasi di gerai 212 Mart Jonggol untuk turut di pasarkan. Karena menurut Dudung, produk UKM ini sangat mendukung kebangkitan ekonomi umat Muslim Indonesia. Apalagi pengusaha Muslim di Indonesia itu sangat banyak, begitu juga di wilayah Jonggol dan Kabupaten Bogor. Sehingga diharapkan  produk-produk mereka kedepannya bisa dipasarkan di seluruh gerai 212 Mart di seluruh Indonesia.

 “30 persen kami siapkan pice untuk produk UKM di 212 Mart Jonggol ini. Dan nanti malam akan ada pembahasan terkait ini,” kata Dudung.

Shortlink:

Terkait