212Mart Pasir Kuda, Bogor Akan Didirikan, Yuk Gabung!

KH Muhammad Husni Thamrin mendukung penuh Komunitas KS212 Bogor mendirikan 212Mart Pasir Kuda Bogor Barat.

 


Ismail, Wakil Ketua KB 1

Pengantar redaksi:  Komunitas Koperasi Syariah 212 Bogor 1 bisa dibilang adalah pelopor Komunitas KS212 yang kini berjumlah hamper 300 komunitas di seluruh Indonesia. Kepada Redaksi Koperasi Syariah 212, Wakil Ketua Komunitas Bogor 1, Ismail mengirimkan artikel yang mengisahkan sepak terjang komunitas ini dalam gerakan membangun ekonomi umat bersama Koperasi Syariah 212.


 

 

Komunitas KS212 Bogor I ( KB I) memang leading sejak awal dalam jihad ekonomi khusus wilayah Bogor Raya. Komunitas kami, awalnya berdiri atas inisiasi Bunda Ratu dan Dr Taufan di gedung SMESCO pada Desember 2016. Komunitas berencana mendirikan m212m, namun akhirnya rencana tersebut melebur bersama koperasi yang didukung oleh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI), yaitu Koperasi Syariah 212 (KS212). KS212, salah satu unit bisnisnya adalah minimarket 212Mart.

Alhamdulillah komunitas kami yang awalnya bernama m212m wilayah Bogor Raya adalah salah satu komunitas yang loyal kepada badan usaha ekonomi yang didukung oleh GNPF MUI tersebut. Maka, kami pun melebur bersama KS212 di saat komunitas wilayah lain membuat sendiri badan usaha baru dan membuat unit usaha yang sama yaitu minimarket selain 212Mart. Tapi semoga umat tetap bersatu walaupun berbeda-beda dalam perjuangan jihad ekonomi.

5000 Kontak WA
Komunitas kami, KB I pun mulai bergerak, berjuang tanpa lelah, bahkan mengeluarkan biaya operasional dari kantong-kantong pribadi pengurus. Kami menyosialisasikan KS212 ke semua wilayah Bogor Raya agar umat sebanyak banyaknya mendaftar menjadi anggota KS212.

Kami juga membuat group-group di medsos khususnya WhatsApp Group (WAG). Antusiasme umat yang besar membuat pengurus KB I cukup kewalahan, karena setiap hari banyak sekali nomor WA yang masuk ke kontak salah satu pengurus, minta untuk dimasukan ke dalam WAG yang kami kelola. Baru berjalan dua mingguan, hampir 5000 nomor kontak WA yang minta bergabung dengan komunitas kami.

Tapi pengurus tetap melakukan screening secara ketat agar tidak ada penyusup yang ingin memata-matai gerakan ekonomi umat ini.

Agar struktur organisasi komunitas kami terorganisasi dengan rapih, maka kami membentuk kepengurusan di beberapa wilayah di Bogor Kota dan Kabupaten. Maka, terbentuklah kepengurusan dari tingkat Wilayah (Korwil), tingkat kecamatan (Korcam), hingga tingkat Kelurahan (Korlur).

Pengurus wilayah itulah yang kemudian membantu pengurus pusat KB I menyosialisasikan KS212 ke wilayahnya masing-masing. Pengurus pusat pun tak melepaskannya begitu saja, pengurus pusat melakukan pendampingan dan edukasi bahkan terjun langsung melakukan sosialisasi dan presentasi ks212 dan unit bisnisnya minimarket 212Mart.

212Mart Pertama Didirikan di Bogor
Alhamdulillah perjuangan kami sedikit demi sedikit membuahkan hasil dengan berdirinya minimarket pertama di Bojong Kulur yaitu minimarket KITA MART, lalu menyusul 212Mart di Atang Sanjaya Semplak Bogor Barat, lalu 212 Mart lagi di Limus Pratama Cileungsi, Assalam di pabrik Semen Cibinong dan lain lain.

Sebagian minimarket masih dikelola langsung oleh komunitas KB I, sebagian lagi sudah dikelola oleh komunitas lain karena ada kebijakan bolehnya membuat komunitas hanya di satu wilayah. Ala kullihal, tetap dalam silaturrahim dan tetap dalam satu perjuangan jihad ekonomi umat.

Walaupun saat ini KB I membuat sebuah keputusan agar semua wilayah yang tergabung awalnya di KB I agar tetap bersatu dalam wadah komunitas Bogor I dan menggunakan payung hukum dalam pendirian 212Mart-nya dengan memakai koperasi KMBR.

Kami berharap dalam struktur satu komunitas dan satu Koperasi akan lebih mengokohkan ukhuwah, silaturrahim dan semakin kuat, solid untuk menghadapi persaingan dari sang kompetitor.

KB I Akan Mendirikan 212Mart di Pasir Kuda Bogor Barat
Perjuangan KB I tak berhenti sampai di situ, KB I terus berjuang dalam jihad ekonomi ini. Dalam waktu dekat insyaAllah, kami akan mendirikan 212Mart di wilayah Bogor Utara, Timur, Selatan, dan Barat. Nah di Bogor Barat setelah sukses mendirikan 212Mart di Atang Sanjaya Semplak, kami juga sedang mengebut untuk pembukaan 212 Mart di Pasir Kuda, persis di samping sekolah Insan Kamil milik sesepuh Al Ihya yaitu KH Muhammad Husni Thamrin. Pengurus koordinator kelurahan yang diketuai oleh Bapak Haris telah melakukan roadshow dalam rangka mengajak umat untuk bergabung dan meng investasikan sebagian dananya untuk mendirikan 212Mart di wilayah Pasir Kuda. Alhamdulillah setelah beberapa kali syuro, dipilihlah salah ruko persis di samping sekolah Insan Kamil.

Penguruspun meminta tim KS212 pusat dan PT Hydro untuk menyurvei lokasi tersebut. Alhamdulillah pihak Hydro langsung setuju lokasi tersebut karena menurut mereka, captive market-nya tinggi.

Tak menunggu lama, pengurus Koordinator Keluarahan KB 1 Pasir Kuda melakukan syuro kembali khusus membuat rencana agar umat sebanyak-banyak bergabung dalam pendirian toko tersebut. Alhamdulillah setelah beberapa anggota komunitas KB I yang kebetulan guru di Insan Kamil, yaitu Bapak Muhammad dan Bapak Jihad meminta izin kepada KH Muhammad Husni Thamrin untuk mendukung pendirian 212Mart di wilayahnya, Sang Kyai langsung setuju. Bahkan esok harinya di pengajian Akbar Sang Kyai setiap hari Ahad, langsung diumumkan kepada jamaahnya untuk mendaftar menjadi investor.

Masya Alloh, Allahu Akbar, 400 formulir yang disediakan pengurus langsung habis tanpa sisa, bahkan jamaah meminta nomor ponsel mereka untuk dicatat agar di masukan di WAG KB I wilayah Pasir Kuda. Semoga 212Mart di wilayah Pasir Kuda segera berdiri sebagai solusi belanja umat. Amin.

Perlu diketahui, komunitas kami diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah kaliber nasional. Ketua DPS kami adalah KH Didin Hafiduddin Msc (Rektor UIKA, MUI Pusat, mantan ketua BAZNAS, Tokoh Nasional) dengan anggota Ir Mohammad Nursukma (Aktivis GNPF Bogor Raya, keluarga Hafidz Quran) dan Ir Jajat Sudrajat (Ketua Dekopin kota Bogor).

Yang mau bergabung dengan komunitas atau koperasi kami untuk payung hukum pendirian 212Mart wilayah atau kota lain bisa kontak di no 085775091640. Fanpage FB: Koperasi KMBR.

Shortlink:

Terkait