212Mart Ciomas Akan Diresmikan Ahad Ini

Akhir pekan ini inshaAllah akan ada tujuh gerai 212Mart baru diresmikan atau gran opening (GO). Salah satunya di Kabupaten Bogor, wilayah Ciomas.

Kepada Koperasi Syariah 212, Ketua Komunitas KS212 Kota Bogor 3, Wahyuddin mengatakan, peresmian 212 Mart Ciomas, insyallah akan dilakukan pada Ahad, 17 Desember 2017. Gerai sendiri terletak di Jl. Raya Ciomas No.356 (dekat Villa Ciomas), Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ini adalah gerai kedua milik Koperasi Konsumen Komunitas Sejahtera Berjamaah (KKSB) 999, badan hukum usaha dari Komunitas KS212 Kota Bogor 3. Gerai pertama, yang juga gerai 212 Mart kedua didirikan di seluruh Indonesia adalah 212Mart Semplak, Kota Bogor.

Perlu diketahui, tiap Komunitas KS212 bisa mendirikan gerai 212 Mart, namun harus memiliki badan usahanya dan harus berbadan hukum, bisa koperasi atau perseroan terbatas (PT). Nah, Komunitas KS212 Kota Bogor 3 ini memiliki badan usaha Koperasi Konsumen Komunitas Sejahtera Berjamaah 999. Ada angka 999 di belakangnya, menurut Wahyuddin, “Waktu itu rapat anggotanya tanggal 9 bulan 9 jam 9. Untuk mengingatkan kami awal pembentukan koperasi ini”.

Jumlah investor untuk gerai kedua komunitas ini adalah 473 orang dengan rerata Rp2,5 juta per orang. Komunitas sendiri membuka rentang investasi adalah Rp 500 ribu sampai Rp 50 Juta. Memang ada yang berinvestasi sampai Rp 50 Juta. Namun, hal itu diakui Wahyuddin, karena terpaksa, agar segera tercapai dana untuk pendirian gerainya. “Supaya bulan Desember bisa GO”, kata Wahyuddin.

Namun ke depan, akan dikurangi nilai itu hingga maksimal Rp 25 juta. Karena hingga kini masih banyak yang menanamkan dananya, nilai investasi Rp 50 juta itu rencananya akan dikurangi dengan memasukkan dana lagi dan mengalokasikan sisanya untuk rencana pembukaan gerai ketiga.

Untuk perizinan sedang dikerjakan, memang sudah memiliki Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) tinggal izin usaha toko modern. SKD diperlukan, karena Koperasi KKSB 999 sekretariatnyta di Kota Bogor sedangkan gerai kedua ini letaknya di Kabupaten Bogor.

Total dana terkumpul hingga Rabu (13/12) lalu adalah Rp 775 Juta dan sudah ditutup memang. Sampai sekarang masih dialokasikan biaya-biayanya, termasuk biaya untuk GO.

Investor merata dari Kabupaten dan Kota Bogor, memang masih mengandalkan jamaah masjid, khususnya ibu-ibu pengajian.

“Alhamdulillah yang kedua ini lebih mudah pengumpulan dananya disbanding yang pertama di Semplak. Mungkin karena jamaah sudah melihat gerak komunitas untuk mendirikan 212 Mart”, kata Wahyuddin. Ia pun mengisahkan, setelah mengurus pendirian Koperasi KKSB 999 di bulan September, bulan Oktober proses konsolidasi dan koordinasi. Di bulan Oktober itu saja terkumpul Rp 100 juta. Nah, di November sampai dua minggu sebelum GO hampir Rp 500 jutaan disetor jamaah.

“Sekarang masih banyak yang mau menjadi investor, kami closed dulu untuk yang Ciomas. Rencananya kami akan membukan yang ketiga. Mereka masih boleh transfer. Yang ketiga, beberapa laternatif tempatnya yang diajukan anggota adalah Cimanggu, Bubulak, Bantar Kambing atau Selabenda”, kata Wahyuddin menjelaskan.

Untuk tujuh gerai yang akan didirikan di akhir pekan ini adalah: Karawang 1, Karawang 2, Taman Galaxi (Bekasi), Kalisari (Jakarta Timur), Pondok Bambu (Jakarta Timur), Ciomas (Kabupaten Bogor), dan Cilegon (Banten).

Shortlink:

Terkait