212 Mart Villa Bintaro Indah Bukukan Omzet Rp 58 Juta

Ini omzet terbesar dibandingkan keempat gerai 212 Mart sebelumnya milik keanggotaan Koperasi Umat Madani Bersatu Tangerang Selatan.

Dalam waktu enam bulan, Koperasi Amanah Umat Bersatu (KUMB) Tangerang Selatan (Tangsel) sukses menghadirkan lima gerai 212 Mart. Gerai berbasis islami ini bernama ”212 Mart Villa Bintaro Indah”, yang diresmikan oleh Direktur Eksekutif Koperasi Syariah 212 Pusat, Ahmad Juwaini, pada Ahad, 25 Februari 2018.

Adapun keempat gerai sebelumnya, adalah 212 Mart Tangsel, 212 Mart Al Taqwa, 212 Mart Puspiptek Tangsel, dan 212 Mart Palapa.

Ketua Komunitas Koperasi Syariah 212 Tangsel, Kusmanto mengatakan,  gerai kelima ini adalah gerai terbesar dibandingkan yang lainnya. Pasalnya, gerai ini seluas 230 meter persegi yang sebelumnya merupakan rumah, lalu kemudian direnovasi menjadi sebuah toko untuk operasional 212 Mart.

”Alhamdulillah pemilik rumah setuju untuk kami sewa dan direnovasi jadi toko. Biaya renovasi dari kami, sedangkan biaya sewanya sudah dibayar dua tahun kedepan sebesar Rp 80 juta,” ujar Kusmanto kepada Koperasi Syariah 212 dihubungi, Senin (26/2).

Karena gerai kelima ini paling besar, maka jelas dia, produk barang yang dipasarkan juga berlimpah. Baik itu, produk regular dari PT Hydro maupun produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari para pengusaha Muslim yang merupakan anggota KUMB.  Contoh produk UMKM adalah lap pel, panci, teflon, dan lainnya.

Omzet Rp 58 Jutaan
Menurut Kusmanto, 300 item produk UMKM dari 100 pengusaha Muslim yang menjadi anggota sudah dipasarkan di lima gerai 212 Mart di bawah payung hukum KUMB Tangsel.  Semua produk UMKM tersebut sudah berkualitas. Bahkan, ada produk sambal kacang yang sudah berstandar international dan diekspor ke Jerman dan Belanja. Kini produk sambal tersebut  dipasarkan juga di gerai 212 Mart.

”Pengusaha sambal kacang itu anggota kami. Produknya sudah diekspor ke luar negeri. Bahkan dipasarkan juga di Alfamart, tapi setelah hadir 212 Mart lebih milih dipasarkan di gerai kami,” kata Kusmanto menjelaskan.

Memfasilitasi produk UMKM pengusaha Muslim, adalah bentuk dukungan KUMB terhadap program pemerintah Tangsel yaitu 1000 Koperasi Sehat.

”lhamdulillah saat grand opening (GO) 212 Mart Villa Bintaro Indah, untuk produk regularnya mencapai omzet Rp 48.060.697. Sedangkan produk UMKM sebesar Rp 10.272.000. Jadi total omzet Rp 58.332.697,” kata Kusmanto mengungkapkan.

Menurutnya, capaian omzet GO ini terbesar dibandingkan ke empat gerai lainnya. Yakni pada kisaran Rp 30 juta hingga 35 juta. Namun Kusmanto bersyukur karena omzet harian tetap stabil terjaga sesuai dengan target.

Aset KUMB Rp 4,7 Miliar
Jika diakumulasi dari awal hingga diresmikan gerai kelima ini, anggota KUMB Tangsel tercatat 1500 orang lebih, dengan total investasi sebesar Rp 4,7 miliar. ”Aset KUMB, hampir mencapai Rp 5 miliar,” kata Kusmanto takjub.

Dari 1500 anggota lebih itu, sebanyak 230 orang lebih adalah anggota komunitas di Villa Bintaro Indah yang berkomitmen mendirikan 212 Mart Villa Bintaro Indah.

”Hingga GO 212 Mart Villa Bintaro Indah, anggota Komunitas Villa Bintaro Indah tercatat 230 orang, dengan jumlah investasi  sebesar Rp 800 jutaan,” kata Kusmanto menjelaskan.

Sampai gerai hendak diresmikan pun, masyarakat Villa Bintaro Indah masih banyak mendaftar menjadi anggota, sehingga membuat Kusmanto dan kawan-kawan berharap, anggota khusus gerai ini mencapai 300 orang lebih.

Atas capaian gerai kelima KUMB ini, Kusmanto mengapresiasikerja keras tim enam Villa Bintaro Indah. Dia berharap kekompakan dalam upaya membangkitkan ekonomi umat Muslim harus tetap dijaga, tentu dengan terus mengedukasi para anggota untuk berkomitmen belanja di gerai miliknya sendiri. Sehingga aset-aset ekonomi menjadi milik umat Muslim.

”Jika saja, 230 anggota di Villa Bintaro Indah, berkomitmen berbelanja setiap bulan Rp 1 juta, di gerai 212 Mart ini, maka bisa terkumpul Rp 230 juta sebulan. Kita memenuhi target dari Hydro,” kata Kusmanto.

Target 10 Gerai
Dengan telah hadirnya lima gerai 212 Mart di Tangsel, Kusmanto berharap kesejahteran umat Muslim Tangsel meningkat. Diharapkan pula setiap koordinator wilayah terus memonitor operasional 212 Mart, sehingga pembeli yang menjadi anggota berkomitmen belanja di gerai miliknya sendiri.

KUMB jelas dia, juga menargetkan dalam setahun minimal akan mendirikan 10 gerai 212 Mart di Tangsel. ”April atau sebelum bulan puasa, akan diresmikan dua gerai lagi yaitu di  Pondok Kacang Prima dan Batan Indah. Target kami, akhir 2018, 10 gerai 212 Mart,” katanya memaparkan.

Dengan banyak gerai 212 Mart menurut dia, diharapkan margin SHU (Sisa Hasil Usaha) cukup bagus. ”Karena setiap anggota harus mendapatkan margin SHU. Itu akan kita usahakan walaupun belum setahun terbukti sudah lima gerai, akan menyusul lagi gerai keenam dan ketujuh pada April mendatang,” kata Kusmanto menjelaskan.

Apalagi kata dia, ghirah umat Muslim di Tangsel itu sangat tinggi dan potensinya juga masih luas mengingat jumlah penduduknya sekitar 1,6 juta. Sehingga yang sekarang direkrut menjadi anggota KUMB sebanyak 1500 itu belum mencapai 10 persen.

Shortlink:

Terkait