212 Mart Mekarsari Membangkitkan Pelaku UKM

Ragam produk Usaha Kecil Menengah (UKM) dipasarkan di gerai 212 Mart Mekarsari, secara otomatis ekonomi umat Muslim Mekarsari bisa meningkat.

Ketua Koperasi Kebangkitan Ekonomi Ummat, Sutirna bersyukur gerai 212 Mart Mekarsari telah diresmikan pada Sabtu, 13 Januari 2018.  Lokasi gerai ini berada di Perumahan Lembah Hijau Mekarsari, JL. MTH Globel A4 No.3, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

“Alhamdulillah animo umat Muslim menyambut baik untuk menyatukan ghirah membangkitkan ekonomi umat. 212 Mart Mekarsari telah diresmikan, ini ridho dari Allah SWT,” kata Sutirna kepada Koperasi Syariah 212 Pusat, dihubungi Selasa (16/1).

Sutirna menjelaskan,  212 Mart Mekarsari ini berada di bawah payung hukum Koperasi Kebangkitan Ekonomi Umat. Jumlah anggotanya tercatat 237 orang, dengan dana investasi kisaran Rp 1 juta-Rp 10 juta perorangnya. Hingga berdirinya gerai 212 Mart tipe B ini, investasi yang terkumpul sebesar Rp 513 jutaan.

Saat peresmian Sabtu (13/1), gerai 212 Mart Mekarsari ini sukses membukukan omzet sebesar Rp 47.158.00. Sedangkan pada  hari kedua Rp 14 juta, hari ketiga Rp 8 juta, dan pada Senin (15/1) sebesar Rp 5 juta. ”Alhamdulillah meskipun  di kepung kompetitor, tapi omzet 212 Mart Mekarsari bagus. Mudah-mudahan kestabilan omzet bisa terus terjaga,” kata Sutirna.

Dijelaskan dia,  keberadaan gerai berbasis islami besutan KS 212 Pusat ini memang benar-benar di kepung si Merah dan si Biru. Praktis sekitar 150 meter dari gerai 212 Mart Mekarsari ini, hadir si Merah. Sekitar 50 meter lagi, hadir si Merah, dan Dadan Mart juga kisaran 100 meter terlihat nyata.  Jadi, kata Sutisna, kalau di total jumlah kompetitor ada  sekitar 6 gerai.

”Kami optimis 212 Mart Mekarsari bisa bertumbuh, karena gerai ini dari umat, oleh umat, dan untuk umat. Siklus perniagaannya bagus karena mulai dari penjual dan pembelinya adalah anggota gerai,” ujar Sutirna.

Sehingga, kata dia, manfaat yang didapatpun berlimpah berkah karena tidak hanya keuntungan dari investasi, tapi pahala karena nilai infaq yang disisihkan saat terjadinya jual beli. Itu memberikan nilai berkah dunia akherat yang tak dimiliki oleh gerai tetangga.

212 Mart Mekarsari juga memfasilitasi tempat bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) minimal 20 persen. Saat ini menurut Sutirna, ada sekitar 56 produk UKM yang dipasarkan di gerai berbasis islami besutan KS 212 Pusat ini. Kedepan akan ada penambahan produk UKM tapi tentunya akan terlebih dahulu diseleksi kualitasnya.

Dalam pengembangan gerai ini, Koperasi Kebangkitan Ekonomi Ummat juga bersinergi dengan  Waroeng Seger pun dilakukan dengan tujuan membangkitkan pelaku UKM. Waroeng Seger ini yang memasok daging sapi, daging ayam, telur ayam, dan buah-buahan, yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari warga, harganya pun sangat kompetitif.  ”Harga telur Rp 23 ribu per kilonya, banyak warga dan jamaah yang beli. Pedagang roti beli telurnya buat adonan rotinya di gerai 212 Mart ini, ” kata Sutirna.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sistem operasional pembayaran Waroeng Seger terpisah dengan kasir 212 Mart Mekarsari. Ini untuk memudahkan transparansi  laporan keuangan. Mengingat permodalan terbagi dua yaitu 51 persen Waroeng Seger dan  49 persen koperasi. Setiap harinya Waroeng Seger melaporkan omzet penjualan kepada Koperasi Kebangkitan Ekonomi Ummat.

”Saat grand opening (GO) 212 Mart Mekarsari, omzet Waroeng Seger sekitar Rp 8 jutaan. Sedangkan omzet produk UKM sebesar Rp 4 juta,”  ujar Sutirna.

Terkait omzet UKM, dia menjelaskan, sistemnya terpisah dari kasir Waroeng Seger, tapi menyatu dengan opersional pembayaran di kasir 212 Mart Mekarsari. Hanya saja sistemnya sudah terpisah dari produk regular. Ini memudahkan untuk mengetahui berapa produk UKM terjual setiap harinya, berikut omzet yang diraihnya. Sedangkan pembayaran kepada pelaku UKM dilakukan setiap dua minggu sekali.

Hadirnya 212 Mart ini, Sutirna bersyukur bisa mewujudkan cita-cita umat Muslim Mekarsari memiliki gerai sendiri. Apalagi ragam produk UKM difasilitasi di gerai ini, sehingga secara otomatis ekonomi umat Muslim di wilayah Mekarsari, Cimanggis bisa meningkat. ”Pelaku UKM mengeliat bisa meningkatkan kesejahteraan anggota,” ucapnya.

Gerai 212 Mart Mekarsari adalah gerai ke 68 besutan KS 212 Pusat.  Sutirna  berharap semakin banyak gerai 212 Mart yang hadir di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan berbelanja setiap umat Muslim dalam keseharian.

Shortlink:

Terkait