212 Mart Margahayu Berkomitmen Dukung Pelaku UKM

Diharapkan ke depan semuanya produk yang dipasarkan 212 Mart Margahayu adalah produk lokal.

Gerai 212 Mart Margahayu telah diresmikan pada Ahad, 26 November 2017 lalu, tepatnya di Perumahaan Margahayu Jaya Blok D No.2, Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur. Saat grand opening (GO) gerai berbasis islami besutan Koperasi Syariah 212 ini membukukan omzet Rp 114 juta.

“Alhamdulilah 212 Mart Margahayu, saat GO raih omzet Rp 114 juta.  Angka tersebut dengan rincian Rp 109 juta dari penjualan produk regular, dan Rp 5 juta produk Usaha Kecil Menengah (UKM),” ungkap Ketua Komunitas Koperasi Syariah 212 Kota  Bekasi XII, Ali Nadiansyah kepada Koperasi Syariah 212, dihubungi Jumat (22/12).

Khusus untuk produk UKM, jelas Ali, sebenarnya pihaknya menargetkan omzet saat GO adalah kisaran Rp 10 -Rp 15 juta. Namun karena banyak produk-produk UKM yang sudah siap dipasarkan, tapi belum terintegrasi dengan aplikasi kasir. Sehingga, saat jamaah ingin membayar produk tersebut di kasir tidak terdata. Alhasil produk itu pun dikembalikan lagi ke rak.

“Ada 340 item produk UKM yang dipasarkan di 212 Mart Margahayu, tapi memang belum semua masuk ke dalam sistem. Jadi target omzet UKM Rp 10 juta –Rp 15 juta tidak tercapai,” ujar Ali.

Namun, lanjut Ali, kini produk-produk tersebut sudah terproses dalam sistem. Dan akan terus berkomitmen untuk memfasilitasi produk-produk UKM dari para pengusaha Muslim yang juga merupakan anggota 212 Mart Margahayu.

Produksi Sabun Sendiri
Ali optimis 212 Mart Margahayu berbadan hukum Koperasi Sejahtera Sahabat Kita, akan sukses membangkitkan ekonomi umat Muslim khususnya di Margahayu. Apalagi berkomitmen memfasilitasi produk-produk UKM dalam pengembangan gerai berbasis islami besutan Koperasi Syariah 212 Pusat, itu.

“Komitmen kami, satu tahun bisa menghasilkan 100 produk UMKM penganti produk regular yang akan dipasarkan di 212 Mart ini,” kata Ali, yang menjabat sebagai Ketua Koperasi Sejahtera Sahabat Kita.

Ali pun menyebutkan, saat ini produk sabun misalnya masih diproduksi Unilever. Maka dengan komitmen tersebut diharapkan pengusaha Muslim bisa memproduksi sendiri  sabun, begitu pula terigu, minyak goreng dan lainnya.

“Diharapkan ke depan semuanya produk yang dipasarkan 212 Mart Margahayu adalah produk lokal. Bahkan produk tersebut juga bisa mengisi gerai 212 Mart di seluruh Indonesia,” kata Ali.

Selain itu, jelas Ali lagi, Koperasi Sejahtera Sahabat Kita juga mengembangkan unit usaha lain. Yaitu jualaan grosir produk UKM, yang akan ditempatkan di lantai dua gerai 212 Mart Margahayu. Nah, kata Ali, khusus lantai 1 adalah pemasaran produk-produk regular dari Hydro dan produk UKM yang memang sudah ada dalam aturannya.  Bahwa 20 persen, 212 Mart harus memasarkan produk-produk UKM.

”Pada prinsipnya layanan grosir ini bagian dari win-win solution. 212 Mart tidak mematikan pedagang kecil  dan bukan kompetitor, tapi berkomitmen mencari solusi  mendukung usaha pelaku UKM,” tegas Ali.

Menurutnya, inilah yang membedakan 212 Mart dengan toko sebelah. Karena selama ini ada pendapat bahwa hadirnya mini market itu berpotensi mematikan warung-warung atau toko tradisional yang sudah ada. Namun 212 Mart sangat berkomitmen untuk bersinergi dengan warung atau toko di lingkungan masyarakat.

Unit Usaha Layanan Grosir
Sinergi itu, tegas dia, adalah tekad dan komitmen untuk mendukung anggota pedagang-pedagang kecil yang membutuhkan produk-produk dengan harga murah, yaitu dengan layanan grosir yang dikelola oleh Koperasi Sejahtera Sabahat Kita.

”InshaAllah unit usaha layanan grosir ini, bulan Januari 2018 sudah mulai. Ini komitmen pertama 212 Mart Margahayu  memberikan layanan produk murah untuk warung atau toko masyarakat sekitar gerai ini. Jadi 212 Mart Margahayu ini bukan kompetitir tapi mensport mereka,” ungkap Ali.

Dengan hadirnya 212 Mart Margahayu, Ali juga berharap komitmen untuk saling menghidupkan ekonomi umat. ”Sinergi iu tidak bisa sepintas. Kita harus memberikan solusi kemudahan terhadap pengembangan ekonomi umat,” tegas Ali.

Rencana ke depan, pihaknya juga akan mendirikan gerai 212 Mart di Perumahan 3 Aren Jaya, Bekasi Timur. ”InshaAllah enam bulan kedepan, kita akan dirikan 212 Mart di Aren Jaya,” ujar Ali.

Adapun gerai 212 Mart Margahayu ini, keanggotaannya tercatat  hingga Jumat, 22 Desember 2017 ini, adalah sebanyak 549 orang. Dan saat GO tercatat 450 orang.

Shortlink:

Terkait