212 Mart Jatibening Butuh 5,5 Bulan untuk Berdiri

Usai Aksi 212 di Momentum Nasional (Monas), ghirah umat Muslim di Jatibening menggelora untuk membangkitkan ekonomi dengan mendirikan 212 Mart.

Saat melintas di Pekayon, Bekasi Barat, Jawa  Barat, Mochdar Ismail  melihat sebuah gerai berbasis islami ”212 Mart Pekayon” begitu megah berdiri di lokasi yang strategis.

Ismail pun demikian panggilannya merasa terkagum, dalam hatinya berkata. ”Ini sudah ada produk 212”.  Kepada Koperasi Syariah 212, Ismail pun mengisahkan, yakni  dirinya bersama sesama umat Muslim Jatibening alumni Aksi Bela Islam atau Aksi 212 di onas pada 2 Desember 2016 lalu, berkeinginan mendirikan gerai berbasis Islami.

”Kami setelah Aksi 212 di Monas ingin bagaimana mewujudkan tempat silaturahmi  antarumat Muslim sekitar Jatibening. Kami juga ingin  mengerakkan ekonomi umat, dan teman-teman bilang bagaimana kalau bikin 212 Mart seperti di Pekayon,” kata Ketua Komunitas KS 212 Kota Bekasi XI Jatibening, Mochdar Ismail kepada Koperasi Syariah 212, dihubungi Kamis (11/1).

Sejak pertemuan itu, lanjut Ismail, silaturahmi terus dilakukan ke masjid-masjid di sekitar Jatibening. Sambutannya luar biasa, bukan hanya umat Muslim yang datang ke Monas saat Aksi 212, tapi yang tidak hadir ke Monas juga rupanya tertarik dengan 212 Mart. Hingga kemudian membentuk komunitas, dan mendaftarkan ke KS 212 Pusat.

Silaturahmi ke KS 212 Pusat pun terus dilakukan, dengan manfaat pembekalan ilmu  bagaimana mendirikan 212 Mart, yang didapat pun sangat luar biasa membuat Ismail dan teman-temannya semangat untuk segera mewujudkan berdirinya 212 Mart di  Jatibening.

”Alhamdulillah prosesnya cepat cuma 5, 5 bulan. Kami rapat pertama pada tanggal 18 Agustus 2017, dan atas ridho Allah SWT,  212 Mart Jatibening diresmikan Minggu, 7 Januari 2018,” kata Ismail.

212 Mart Jatibening ini tepatnya berada di JL.Soka No.16 Jatibening Permai, Jatibening, Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat.

”Saat grand opening (GO), omzet yang diraih 212 Mart Jatibening di kisaran Rp 59.700.000. Sedangkan paket sebanyak Rp 40 juta, jadi totalnya Rp 59.700.00,” ujar Ismail.

Adapun tambah dia, omset hari kedua dan ketiga tercatat di kisaran Rp 8 jutaan. Sedangkan hari keempat dan kelima menurun di angka Rp 7 jutaan. ”Alhamdulilah kami menargetkan Rp 6 juta perhari, tapi melebihi,” kata Ismail.

Dengan sukses mendirikan 212 Mart Jatibening ini, Ismail dan pengurus lainnya menyakini  kebangkitan ekonomi umat akan terwujud. Optimis pula bisa mengalahkan si Merah dan si Biru.

Oleh karena itu, pihaknya selalu mengingatkan semua jamaah untuk komitmen belanja di gerai miliknya sendiri ini. Enam masjid yang bergabung dengan 212 Mart Jatibening juga melalui perwakilannya senantiasa mengingatkan agar jamaah tetap komitmen sebagai jamaah yang amanah dan izzah.  Karena 212 Mart Jatibening ini, kata Ismail, adalah milik umat, dari umat, oleh umat, dan untuk umat. Jadi umatlah yang harus memajukannya,” imbuhnya.

Terkait anggota, Ismail menjelaskan, hingga kini tercatat 280 orang yang telah resmi berinvestasi. Namun tercatat dengan yang komitmen sebanyak 359 orang. Adapun dana investasinya kisaran minimal Rp 1 juta perorang. Dana yang terkumpul hingga berdirinya 212 Mart Jatibening sebanyak Rp 720 jutaan.

Ismail berharap makin banyak umat Muslim di Jatibening yang bergabung ke 212 Mart ini. Bahkan kata dia, sampai detik ini juga masih banyak yang mendaftar untuk menjadi anggota. Mudah-mudah, kata dia lagi, anggotanya bisa mencapai 700 orang. Mengingat investasi untuk mendirikan sebuah gerai kisaran Rp 700 juta. ”Jadi kalau bisa nanti tidak ada investor yang besar, semua rata-rata Rp 1 juta kalau anggotanya Rp 700 orang,” ujarnya.

Untuk payung hukum gerai ini, Ismail menjelaskan, masih dalam proses. Hadirnya 212 Mart Jatibening ini pun masih dibawah Komunitas KS 212 Bekasi XI Jatibening yang sudah disyahkan oleh KS 212 Pusat.

Begitu juga untuk mengembangkan gerai ini dengan menyertakan produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) akan dirapatkan Jumat malam pekan ini. Dan sesuai aturan KS 212 Pusat, pihaknya komitmen untuk memfasilitasi produk UKM di gerai 212 Mart Jatibening ini.

Shortlink:

Terkait